Thursday, February 11, 2010

Panglima TNI Pimpin Alih Kodal PPRC TNI


11 Februari 2010, Malang -- Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso bertindak selaku Inspektur Upacara pada upacara Alih Komando dan Pengendalian (Kodal) Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI dari Panglima Divisi Infanteri 1/Kostrad (Pangdivif-1/Kostrad), Brigjen TNI Moeldoko kepada Pangdivif-2/Kostrad, Brigjen TNI Geerhan Lantara di Taxi Way Lanud Abd. Saleh Malang, Rabu (10/2). Pelaksanaan alih Komando dan Pengendalian PPRC dilaksanakan setiap dua tahun sekali.

Upacara Alih Kodal pejabat Komandan PPRC TNI, juga hadir Kepala Stafm Angkatan Darat, Jenderal TNI George Toisutta, Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Madya TNI Agus Suhartono serta para Pangkotama jararan TNI .

Dalam siaran pers Dispen Angkatan Darat yang diterima Jurnal Nasional, Panglima TNI mengatakan, alih kodal PPRC TNI merupakan bagian mekanisme operasional Komando tugas gabungan TNI serta menjaga keseimbangan kesiapan operasional dan pembinaan satuan yang tergabung dalam PPRC TNI baik yang berada di wilayag Indonesia bagian barat maupun di wilayah Indonesia bagian Timur.

Menurut Djoko Santoso, PPRC TNI merupakan Komando tugas gabungan TNI yang dibentuk khusus dan berada dibawah Panglima TNI dengan tugas pokok melaksanakan tindakan cepat terhadap ancaman nyata di wilayah darat tertentu dalam rangka menangkal, menyanggah awal dan menghancurkan musuh atau lawan yang mengganngu kedaulatan Negara Kesatuan RepubliK Indonesia (NKRI).

Dalam mengemban tugas pokoknya PPRC TNI memproyeksikan kekuatan ke wilayah darat tertentu untuk melaksanakan operasi berdiri sendiri atau membantu operasi yang dilaksanakan oleh komando operasi TNI lainnya, baik untuk operasi militer perang (OMP) atau pun operasi militer selain perang (OMSP).

JURNAL NASIONAL

No comments:

Post a Comment

Post a Comment