Monday, February 8, 2010

Jelang HUT ke-9, Pasmar-1 Gelar Lomba Binsat

Seorang peserta lomba Pembinaan Satuan (Binsat) sedang berkonsentrasi untuk menembak. (Foto: Serda Mar Kuwadi)

8 Februari 2009, Surabaya -- Kepala Staf Pasmar-1 Kolonel Marinir LW. Supit mewakili Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Mendra membuka Lomba Pembinaan Satuan (Binsat) dalam upacara resmi di lapangan tembak Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Senin, (8/2/2010).

Dalam amanatnya yang dibacakan Kepala Staf Pasmar-1, Komandan Pasmar-1 mengatakan, lomba Binsat ini merupakan salah satu bentuk pembinaan personel yang diwujudkan dalam suatu uji kemampuan perorangan untuk mengukur sejauh mana kemampuan mental dan fisik seorang prajurit dengan menitikberatkan pada kemampuan jasmani dan keterampilan perorangan sebagai prajurit pasukan pendarat amfibi.

Tujuan diadakannya lomba Binsat, lanjutnya, untuk mengetahui sejauh mana hasil pembinaan satuan dijajaran Pasmar-1 dalam membina prajuritnya, sehingga para Komandan Satuan dapat mengevaluasi apakah managemen pembinaan satuannya sudah berhasil atau perlu ditingkatkan. Selain itu, juga sebagai sarana mencari atlet-atlet baru sebagai upaya kaderisasi militer di lingkungan Pasmar-1, sehingga dapat terujud pembinaan satuan yang mampu ditampilkan baik intern Korps Marinir, TNI AL maupun antar Angkatan.

Lebih lanjut orang nomor satu dijajaran Pasmar-1 tersebut mengatakan, keberhasilan suatu satuan dapat dilihat dari keberhasilan satuan tersebut dalam membina prajuritnya, sehingga mempunyai kemampuan yang handal dibidangnya, hal tersebut dapat tercapai apabila satuan tersebut berlatih secara kontinyu, konsisten dan terukur.

"Tugas yang kalian emban sebagai peserta lomba Binsat bukanlah tugas yang ringan, sebab selain dituntut untuk dapat memberikan yang terbaik baigi satuan, juga dituntut untuk mengukur kemampuan perorangan secara baik dan benar dalam melaksanakan lomba binsat ini," tegasnya.

Sementara itu Mayor Marinir Ferdi Erwin selaku Wakil Ketua Pelaksana Lomba Binsat mengatakan, Lomba Binsat ini adalah rangkaian kegiatan yang diadakan dalam rangka peringatan HUT ke-9 Pasmar-1 tahun 2010.




Dalam Lomba Binsat ini, lanjutnya, materi yang dilombakan yaitu menembak senapan, lari 8 Km dan renang laut, untuk Lomba Menembak senapan diikuti oleh 1190 personel dari 17 Satuan, dan akan berlangsung hingga tanggal 12 Pebruari 2010, untuk Lomba Renang Laut akan dilaksanakan di Dermaga Ujung Koarmatim tanggal 15, 16 dan 17 Pebruari 2010, Lari 8 Km akan dilaksanakan tanggal 18 dan 19 Pebruari 2010 di Bhumi Marinir Karangpilang Surabaya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Asintel Kaspasmar-1 Kolonel Marinir Edi Juardi, Asops Kaspasmar-1 Kolonel Marinir I Made Wahyu Santoso, Aspers Kaspasmar-1 Kolonel Marinir Yuliandar, Aslog Kaspasmar-1 Kolonel Marinir Rasman, Asrena Kaspasmar-1 Kolonel Marinir Abdurachman dan pejabat dilingkungan pasmar-1.

detikSurabaya

No comments:

Post a Comment

Post a Comment