Friday, February 12, 2010

Aljazair Ajak Kerjasama Militer


11 Februari 2010, Jakarta -- Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Rabu (10/2), menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Republik Demokratik Rakyat Algeria, Hamza Yahia-Cherif di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta. Kedatangannya kali ini adalah untuk memperkenalkan diri sebagai Duta Besar Algeria untuk Indonesia yang baru bertugas selama dua bulan.

Dalam pertemuan tersebut Dubes Algeria untuk Indonesia mewakili Kementerian Pertahanannya berharap kerjasama kedua negara di bidang pertahanan dapat ditingkatkan dengan dibuatnya MoU yang dapat menjadi payung hukum bagi beberapa kegiatan bersama di bidang pertahanan. Untuk mewujudkan perjanjian kerjasama pertahanan kedua negara ini Panglima angkatan bersenjata Algeria akan mengunjungi Indonesia sehingga kedua pihak dapat duduk bersama menyusun MoU.

Dubes Algeria juga mengatakan bahwa selama ini Algeria telah melakukan kerjasama dalam hal industri pertahanan dengan India, ia berharap industri pertahanan Algeria dapat pula bekerjasama dengan Indonesia. Diharapkan pula kerjasama pertahanan kedua negara dapat dikembangkan antara lain dalam hal pertukaran personel militer untuk mengikuti pendidikan. Dubes Algeria juga berharap pertukaran antar kadet akademi militer juga dapat dilakukan dalam rangka meningkatkan kerjasama di bidang pertahanan.

Sementara itu Menhan menjelaskan, MoU kerjasama pertahanan antara Indonesia dan Algeria dapat segera disusun dengan masing-masing pihak menyerahkan draft yang diinginkan. Staf Kementerian Pertahanan dapat mempersiapkannya sesuai prosedur yang berlaku. Menhan Purnomo juga menjelaskan bahwa hubungan Indonesia dan Algeria selama ini telah berjalan baik.

Dikatakannya, menhan sangat berharap personel militer Algeria dapat mengikuti pendidikan dan pelatihan di Indonesia terutama dalam bidang penanganan terorisme dan gerakan separatis. Menhan melanjutkan, rincian kegiatan kerjasama pertahanan kedua negara dapat dilakukan seiring disusunnya MoU kerjasama pertahanan kedua negara.

Algeria adalah negara yang berada di Afrika bagian Utara dan negara terbesar di Perairan Mediterania, serta negara terluas kedua setelah Sudan di Benua Afrika. Sebagian besar penduduknya adalah etnis arab, bahasa yang digunakan sebagian besar penduduk adalah bahasa Arab dan bahasa asing yang digunakan adalah bahasa Perancis. Negara dipimpin oleh Presiden dan pemerintahannya dipimpin oleh Perdana Menteri.

Di akhir pertemuan, dilaksanakan saling tukar cinderamata antara Dubes Algeria dan Menhan Purnomo. Dalam pertemuan tersebut Menhan Purnomo didampingi Dirjen Ranahan Kemhan Laksda TNI Gunadi, Dirkersin Ditjen Strahan Kemhan Brigjen TNI (Mar) Syaiful Anwar, dan Karo Humas Setjen Dephan Kolonel I Wayan Midhio.

DMC

No comments:

Post a Comment

Post a Comment