Friday, February 12, 2010

Danlantamal X/Jayapura Pimpin Sertijab Danlanal Biak

Danlantamal X Jayapura Laksamana Pertama TNI Uus Kustiwa (tengah) melakukan salam komando bersama Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Biak yang lama Kolonel Laut (T) Bambang Wahyudi (kiri) kepada Kolonel Marinir Suhartono di Biak, Papua, Kamis (11/2). Sertijab tersebut dihadiri oleh Pangkosek Hanudnas-4 Marsma TNI Hadian , Bupati Biak Numfor Yusuf M Maryen dan sejumlah Muspida serta personil Pangkalan TNI AL Biak. (Foto: ANTARA/Reno/haq/Koz/mes/10)

11 Februari 2010, Biak -- Jabatan Komandan Pangkalan TNI-AL (Danlanal) Kabupaten Biak Numfor, Papua, Kamis (11/2), diserahterimakan dari pejabat lama Kolonel Laut (T) Bambang Wahyudi kepada penggantinya, Kolonel (Mar) Suhartono.

Komandan Lantamal X/Jayapura Laksamana Pertama Uus Kustiwa yang memimpin acara serah terima tersebut mengatakan, permasalahan yang masih timbul di wilayah perairan Papua Lanal Biak di antaranya pelanggaran illegal fishing, illegal logging, illegal entry, illegal oil, penyelundupan, dan pelanggaran hukum lainnya di laut.

"Komandan Lanal Biak yang baru supaya lebih meningkatkan pengawasan, pengendalian, serta patroli di wilayah perairan Biak sehingga dapat menjamin pencapaian sasaran tugas secara efektif dan efisien," harap Laksma Uus Kustiwa.

Ia mengakui, keberadaan Lanal Biak sebagai unsur pelaksana teknis Lantamal X harus mampu bertugas menyelenggarakan patroli keamanan laut dalam rangka penegakan kedaulatan dan hukum di laut.

Selain itu, lanjut Uus Kustiwa, Lanal Biak diminta meningkatkan koordinasi dan pengaturan pertahanan pangkalan, membantu proses penyelesaian perkara pelanggaran hukum di laut.

"Saya juga mengharapkan Lanal Biak menjalankan pembinaan potensi maritim menjadi kekuatan pertahanan keamanan negara di laut," ungkap Uus Kustiwa.

Dia mengakui, tugas komandan Lanal Biak saat ini dan ke depan semakin tidak ringan sehingga dibutuhkan figur pimpinan yang mempunyai dedikasi, loyalitas, dan semangat yang tinggi dalam rangka menjalankan tugas sehari-hari.

Dengan bekal ini, menurut dia, keberadaan Komandan Lanal Biak merupakan figur sentral dalam mendominasi tugas dan fungsi utama sebagai motivator bagi anak buah sehingga beban seberat apa pun dapat diselesaikan dengan baik.

Pejabat baru Komandan Lanal Biak Kolonel (Mar) Suhartono sebelumnya menjabat Asisten Lantamal VIII Manado, sementara pejabat lama Kolonel Laut (T) Bambang Wahyudi selanjutnya akan mengikuti pendidikan Sesko di Mabes TNI-AL di Jakarta.

MEDIA INDONESIA

No comments:

Post a Comment