Sunday, January 3, 2010

Simulasi Pengamanan Tamu VVIP

Anggota Kompi E BS Paskhas sedang mengevakuasi tamu VVIP dari ancaman bom yang dipasang oleh teroris di Bandara Adisutjipto, Kamis (31/12). (Foto : Pen Adi)

2 Desember 2009, Yogyakarta -- Pada hari H-1 pelaksanaan KTT Asia Pasific di Yogyakarta, para peserta dari berbagai negara yang merupakan tamu VVIP telah berdatangan. Untuk kelancaran acara dimaksud, Kompi E BS Paskhas menerima perintah untuk pengamanan. Namun sekitar pukul 12.30 terjadi penyanderaan oleh teroris terhadap tamu dari Negara X. Berkat kesigapan dari anggota Kompi E BS Paskhas, teroris berhasil dilumpuhkan dan peserta dari Negara X diamankan di Markas Kompi E BS Paskhas. Sedang para teroris diserahkan ke Markas Satpomau Lanud Adisutjipto untuk proses lebih lanjut.

Demikian skenario latihan pengamanan VVIP di Bandara Adisutjipto Yogyakarta yang diperagakan anggota Kompi E BS Paskhas dan seluruh jajaran di Lanud Adisitjipto, Kamis (31/12).

Menurut Kolonel Pnb Anang Nurhadi, Latihan Pengamanan VVIP ini merupakan program latihan yang dilaksanakan rutin setiap setahun sekali dengan tujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit TNI AU, khususnya dalam bidang pengamanan.

Nilai strategis yang dimiliki Lanud Adisutjipto selaku pangkalan pendidikan dan pangkalan operasional dalam mendukung operasi penerbangan militer, sipil dan VVIP menjadikan jadwal penerbangan relatif padat, sehingga tidak menutup kemungkinan akan menjadi obyek sasaran teroris “Hal tersebut menjadikan kesiapan dan profesionalisme Sumber Daya Manusia senantiasa dibutuhkan,” jelas Kolonel Pnb Anang Nurhadi selaku pimpinan latihan

Latihan pengamanan VVIP yang digelar di Bandara Adisutjipto dan Base Ops Lanud Adisutjipto ini melibatkan 200 personel yang terdiri dari anggota Wing II Paskhas Kompi E BS, pegawai Angkasa Pura serta personel di jajaran Lanud Adisutjipto.

PENTAK LANUD ADISUTJIPTO

No comments:

Post a Comment

Post a Comment