Wednesday, November 18, 2009

Frigate India Diapungkan 27 November

Frigate kelas Krivak III INS Talwar.

18 November 2009 -- Galangan kapal Rusia Yantar, Kaliningrad akan mengapungkan frigate pertama dari tiga frigate yang dipesan Angkatan Laut India 27 November, diungkapkan juru bicara perusahaan Sergei Mikhailov, Selasa (17/11) kepada RIA Novosti.

Yantar membangun tiga frigate kawal rudal Project 11356 kelas Krivak IV modifikasi kelas Krivak III (dikenal juga dengan kelas Talwar) untuk AL India senilai 1,6 milyar dolar yang ditandatangani Juli 2006.

Uji coba pelayaran akan dimulai 2010, sedangkan penyerahan frigate pertama ke India tidak diungkapkan Mikhailov.

Direktur Yantar Igor Orlov mengatakan galangan kapal saat ini sedang melakukan pembicaraan dengan bank Rusia Vnesheconombank untuk pembiayaan senilai 60 juta dolar untuk menyelesaikan tiga frigate AL India saat diwawancarai oleh RIA Novosti.

Sebelumnya Rusia telah menyerahkan tiga frigate kelas Talwar kepada India, INS Talwar, INS Trishul dan INS Tabar.

Sedangkan tiga frigate baru diberinama INS Teg, INS Tarkash dan INS Trikand oleh Presiden India Pratibha Patil.

Seluruh frigate baru akan dipersenjatai dengan 8 rudal jelajah supersonik BrahMos, frigate sebelumnya dipersenjatai rudal anti kapal 3M-54E Klub-N.

Yantar akan menyerahkan frigate terkahir ke India pada 2011 - 2012.

Frigate dilengkapi juga dengan satu meriam 100 mm, satu sistem rudal permukaan ke udara Shtil, dua sistem pertahanan udara meriam/rudal Kashtan, dua peluncur torpedo kembar 533 mm dan helikopter anti kapal selam.

Direktur Rosoboronexport Anatoly Isaikin mengatakan Rusia dan India sedang melakukan pembicaraan untuk kontrak penambahan frigate Project 11356 saat diwawancari Nezavisimaya Gazeta, Rabu (4/2/2009).

RIA Novosti/@beritahankam

No comments:

Post a Comment

Post a Comment