Wednesday, November 18, 2009

Dansektor Timur Unifil Meninjau Persiapan Rotasi Indobatt

Kunjungan Jenderal asal Spanyol tersebut dalam rangka mengecek kesiapan rotasi Indobatt yang akan berlangsung mulai 19 hingga 29 November 2009. (Foto: Letkol Arh Hari Mulyanto)

18 November 2009, Libanon -- Komandan Sektor (Dansektor) Timur Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) Brigadir Jenderal Ricardo Alvarez Espejo Garcia dari Angkatan Darat Spanyol mengunjungi Satgas TNI Konga XXIII-C/Unifil (Indobatt/Indonesian Battalion) di Markas Kompi Carlie, UN POSN 9-2 Az ziqqiyah, Selasa 17 November 2009.

Kunjungan Jenderal asal Spanyol tersebut dalam rangka mengecek kesiapan rotasi Indobatt yang akan berlangsung mulai 19 hingga 29 November 2009. Dalam kunjungan tersebut Alvarez hanya didampingi oleh perwira staf operasinya, Kapten Ariza tiba di UN POSN 9-2 pukul 12.15 LT (waktu Lebanon), disambut oleh Dansatgas Indobatt, Letnan Kolonel Inf R. Haryono beserta perwira staf dan Komandan Kompi di dahului dengan jajar kehormatan.

Dalam kunjungan itu, Alvarez disambut oleh Dansatgas Indobatt, Letnan Kolonel Inf R. Haryono beserta perwira staf dan Komandan Kompi. (Foto: Letkol Arh Hari Mulyanto)


Brigjen Alvarez mendapatkan paparan tentang kegiatan satgas dan rencana rotasi Indobatt. (Foto: Letkol Arh Hari Mulyanto)

Brigjen Alvarez mendapatkan paparan tentang kegiatan Satgas dan rencana rotasi Indobatt yang disampaikan oleh Mayor Psk Sumarsono selaku Kepala Seksi Operasi Satgas dan kegiatan Cimic Kompi oleh Mayor Mar Muhammad Rizal selaku Komandan Kompi Carlie yang sebelumnya didahului dengan sambutan oleh Dansatgas, Letkol Inf R. Haryono. Dansektor tidak hanya ingin tahu rencana kesiapan rotasi Indobatt, namun juga memberikan penekanan tentang keamanan, khususnya dalam hal mengemudi dan berkendaraan di Lebanon. Hal ini disebabkan karena pada waktu yang lalu, Kontingen Nepal mengalami kecelakaan lalu lintas yang menewaskan salah satu prajuritnya pada saat rotasi sedang berjalan. Atas dasar itulah, orang nomor satu di Sektor Timur Unifil tersebut, tidak menginginkan hal serupa terjadi di Kontingen Indonesia.

Selain itu, Dansektor juga memerintahkan agar Indobatt meningkatkan kegiatan Cimic (civil military cooperation) nya di daerah operasi yang baru yaitu Srifa dan sekitarnya yang akan menjadi daerah operasi Kompi Eco (Konga XXIII-C1) yang baru bergabung dengan Indobatt. Srifa sebelumnya adalah termasuk dalam daerah operasi Batalyon Perancis, namun dengan adanya berbagai pertimbangan dan perkembangan yang terjadi di Unifil serta adanya penambahan pasukan dari Indonesia, Force Commander Unifil memutuskan wilayah tersebut menjadi bagian dari daerah tanggungjawab Indobatt.

Diakhir pengarahannya Jenderal Alvarez mengharapkan agar rotasi yang akan dilaksanakan oleh Konga XXIII-C ke D dapat berjalan sesuai rencana dan ketentuan yang berlaku, sehingga kontingen baru dapat segera melaksanakan tugasnya dengan baik. Alvarez juga menyampaikan harapannya terkait dengan terbentuknya pemerintahan baru di Lebanon, akan dapat memberikan rasa optimis di kemudian hari, dengan tetap tidak menurunkan kesiapsiagaannya dalam menjaga dan mengamankan daerah operasi Unifil.

Pa Pen Satgas Konga XXIII-C/UNIFIL/Dispenad

No comments:

Post a Comment

Post a Comment