Saturday, October 3, 2009

TNI dan Polri Akan Pamerkan Alutsista

Panser APS ANOA. (Foto: @beritahankam)

2 Oktober 2009, Sidoarjo -- Jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (POlri) di Kabupaten Sidoarjo akan memamerkan alat utama sistem pertahanan (alutsista).

Kegiatan pameran yang berlokasi di sebelah alun - alun Sidoarjo itu untuk menjawab keingintahuan masyarakat tentang sistem persenjataan yang dimiliki oleh TNI dan Polri, kata Komandan Kodim 0816 Sidoarjo, Letkol (KAV) Gathut Setyo Utomo, Jumat.

"Di Sidoarjo kan banyak markas kesatuan TNI, seperti Marinir, Arhanud, TNI AL dan juga Polri. Oleh karena itu, kami ingin memberikan pengetahuan tambahan kepada masyarakat tentang sistem persenjataan yang kami miliki," katanya saat dikonfirmasi di Sidoarjo.

Ia mengemukakan, berbagai jenis peralatan perang tercanggih yang dimiliki TNI akan diperlihatkan kepada masyarakat.

"Rencananya pameran ini akan dilakukan sejak Selasa (6/10) sampai Kamis (8/10). Masyarakat bisa melihat langsung peralatan tempur TNI dan Polri sehingga akan tahu, peralatan perang yang tercanggih saat ini," katanya.

Ia menambahkan, pada pameran tersebut akan dipamerkan berbagai jenis peralatan perang seperti Panser APS ANOA yang merupakan produksi PT Pindad, Malang tahun 2008.

"Panser ANOA merupakan panser terbaru produksi Pindad yang tangguh di segala medan," katanya.

Sedikitnya ada 15 stan alat perang yang bisa dilihat oleh pengunjung. Bahkan, untuk mendekatkan TNI dan masyarakat dalam pameran itu juga digratiskan.

"Selama ini masyarakat mungkin bertanya-tanya saat lewat depan Arhanud, karena melihat panser dan peralatan perang lainnya. Namun, mereka tidak bisa melihat dari dekat dan tahu seberapa canggih peralatan militer kami," katanya.

Dalam pameran itu, masyarakat bisa mengetahui lebih detail fungsi atau kegunaan peralatan perang. Petugas akan menjelaskan panjang lebar satu per satu peralatan perang yang dipamerkan.

Masyarakat juga diperbolehkan untuk naik panser saat pembukaan pameran. Sepanjang jalan mulai Pendopo Kabupaten Sidoarjo sampai ke selatan alun-alun Sidoarjo akan dipenuhi peralatan militer.

Bukan hanya Panser, dari TNI AU dan AL akan memamerkan tiruan pesawat dan kapal perang dan amfibi sedangkan Polri juga akan memamerkan berbagai peralatan keamanan, seperti rantis dan berbagai jenis senjata.

"Tiga kesatuan TNI dan Polri akan membawa peralatan perangnya dalam pameran itu," katanya.

ANTARA JATIM

No comments:

Post a Comment

Post a Comment