Saturday, October 3, 2009

TNI AL Kembali Angkut Bantuan Gempa

Anggota TNI berjaga- jaga di samping alat berat di dermaga Kolinlamil, Jakarta, Sabtu (3/10). TNI segera memberangkatkan sejumlah alat berat dan logistik ke lokasi bencana di Padang. (Foto: ANTARA/Ujang Zaelani/Koz/ama/09)

3 Oktober 2009, Tanjung Priuk, Jakarta -- Posko TNI AL satgas bantuan bencana alam di Kolinlamil telah memberangkatkan 3 kapal perang mengangkut bahan bantuan dan alat-alat berat menuju Sumatera berat.

Dua kapal perang KRI Teluk Gilimanuk dan KRI teluk Cirebon sudah diberangkatkan dari dermaga Kolinlamil Jakarta. Sementara KRI dr Soeharso-990, Sabtu (3/10) pagi juga beerangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Menurut rencana, perjalanan selama dua hari sampai di pelabuhan Padang Sumatra Barat.

Dua Kapal perang yang telah diberangkatkan tersebut mengangkut alat-alat berat seperti bolduser 2 unit , craine ,dum truk 6 unit, excavator unit , truk tangki minyak dan kendaraan tangki air, truk 3 buah, genset 5 unit dan crain 2 unit dan kendaraan operasional.

Alat alat berat tersebut dari TNI AD , DPU, Kormar dan intansi lainnya. Sedangkan bantuan lainya yang dibutuhkan di lapangan diantaranya tenda lapangan, WC darurat 20 unit, tenda darutrat 100 unit dan perlengkapan lanpangan dan alat masak kompor lapangan dan sebagainya

Sedangkan bantuan bahan makanan beras, paket makanan, minuman dari beberapa intansi pemerintah, swasta dan masyarakat Jakarta berupa pakaian peralatan mandi, makanan bayi dan obat-obatan.

Sementara itu KRI dr Soeharso –990 mengangkut bantuan alat berat seperti bolduser dan crain serta tangki air 6 unit, 4 dump truck, serta IPA mobil penjernih air 2 buah. Selain itu juga mengangkut bantuan peralatan dan obat –abat dari departemen kesejahteraan rakyat dan departemen pariwisata dan kebudayaan serta dari instansi pemerintah maupun swasta.

Selain itu mengangkut pasukan Koprs Marinir sebanyak satu kompi dan beberapa anggota dari satuan TNI AD yang mengawaki alat-alat berat serta kendaraan operasional dalam rangka mendukung bencana alam di Sumatera Barat .

Bantuan dari intansi pemerintah dan instansi swasta serta dari masyarakat secara administrasi di data di Posko Satgas bencana alam di Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta selanjutnya diembarkasi ke kapal kapal perang yang sandar di dermaga Kolialamil dan dermaga pelabuhan Tanjung Priok Jakarta .

Posko TNI AL Satgas bencana membuka kegiatan selama 24 jam di Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta dengan nomor telepon 021-44764243. Oleh karena itu bagi instansi pemerintah maupun swasta serta masyarakat secara terorganisasi dapat meyalurkan bantuannya di Posko Kolinlamil.

Sebelum berangkat KRI dr. Soeharso ditinjau oleh Pangkolinlamil Laksda TNI Marsetio,M.M. Asops Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Harjo Susmoro Dansatlinlamil, Kolonel Laut (P) B. Ken Tri Basuki yang mengecek kesiapan kapal, kesiapan tenaga dan peralatan medis untuk mendukung kegiatan pengobatan dan operasi bedah laiinya serta alat-alat berat yang diangkut kapal tersebut.

KRI dengan komandan Letkol laut (P) Heribertus Yudho W ini bertolak sabtu pagi pukul 10.20 wib dan akan menempuh perjalanan ke Sumatera barat lebih kurang dua hari, serta direncanakan merapat di Dermaga Teluk Bayur Padang, Sumatera Barat.

Selanjutnya Posko TNI AL di Kolinlamil merencanakan akan memberangkatkan KRI Makassar-590, yang saat ini sedang melaksanakan embarkasi peralatan dan bahan bantuan.

Dispenkolinlamil/POS KOTA

No comments:

Post a Comment

Post a Comment