Wednesday, September 30, 2009

MiG-29 Pesanan AL India Sukses Diuji Coba Diatas Geladak Kapal Induk

Kapal induk Admiral Kuznetsov milik AL Rusia tempat uji coba MiG-29 AL India.(Foto: globalsecurity.org)

30 September 2009 -- Pabrik pesawat Rusia MiG mengumumkan telah berhasil menguji coba diatas kapal induk Admiral Kuznetsov empat jet tempur MiG-29 yang akan berpangkalan di atas kapal induk milik Angkatan Laut India, Selasa (30/9).

“Saat pengujian pada 28 - 29 September, jet tempur MiG-29K dan MiG-29KUB melakukan serangkaian lepas landas dan pendaratan di atas dek kapal induk Admiral Kuznetsov di Laut Barent,” perusahaan MiG merilisnya dalam sebuah pernyataan resmi.

Admiral Kuznetsov satu-satunya kapal induk dijajaran Angkatan Laut Rusia saat ini.

MiG-29K. (Foto: migavia)

MiG-29KUB. (Foto: migavia)

Rusia dan India menandatangani kontrak pada 20 Januari 2004, pembelian 12 jet tempur MiG-29K berkursi tunggal dan 4 MiG-29KU berkursi tandem sebagai bagian dari kesepakatan senilai 1,5 milyar dolar untuk pembelian kapal induk Admiral Gorshkov, yang saat ini sedang diremajakan di Rusia sebelum dikirimkan ke AL India.

Dua MiG-29K dan dua MiG-29KUB secara resmi telah diserahkan ke India awal tahun ini. Pesawat tersebut diinspeksi oleh para ahli India dan digunakan oleh para penerbang India selama 5 bulan untuk pelatihan penerbangan.

Rusia dan India masih melakukan negosiasi untuk kesepakatan baru terkait membengkaknya biaya overhaul Admiral Gorshkov. Rusia meminta tambahan biaya 1,2 milyar dolar agar overhaul segera diselesaikan dan kapal induk dapat dikirimkan ke AL India 2012.

Setelah dilakukan modernisasi kapal induk yang diberinama INS Vikramaditya diharapkan dapat bertugas hingga 30 tahun.

RIA Novosti
/@beritahankam

No comments:

Post a Comment

Post a Comment