Wednesday, March 4, 2009

Prajurit Koarmatim Latihan Pemadaman Kebakaran


4 Maret 2009, Surabaya - Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) menggelar latihan pemadaman kebakaran di Markas Komando Latihan (Kolat) Koarmatim, Surabaya yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan prajurit menghadapi bahaya di kapal perang.

Kadispen Koarmatim, Letkol Laut (KH) Drs Toni Syaiful dalam siaran persnya di Surabaya, Rabu mengemukakan, latihan itu diikuti oleh prajurit yang bertugas di kapal perang.

"Latihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan sekaligus merupakan penyegaran bagi seluruh prajurit Koarmatim agar selalu siaga menghadapi bahaya kebakaran di kapal," katanya.

Ia menjelaskan, latihan itu diawali dengan penyampaian beberapa teori, seperti tentang klasifikasi kebakaran, pengenalan alat-alat kebakaran serta cara penggunaannya, kemudian diteruskan dengan demo cara pemadaman kebakaran.

"Kegiatan ini sangat menarik karena api yang berkobar hebat sempat membuat peserta merasa ragu, apakah bisa memadamkan api. Namun mereka akhirnya menyelesaikan latihan itu dengan baik," ujarnya.

Ia menjelaskan, prajurit dibagi dalam beberapa regu dan mempunyai tugas masing-masing sesuai dengan posisinya. Ada yang bertindak sebagai komandan regu, pembantu umum, pembawa CO2, dan "penyerang".

"Dalam kegiatan ini, disimulasikan sebuah pipa bahan bakar kapal perang bocor, sehingga mengakibatkan kebakaran di salah satu ruangan," ujarnya.

Untuk memadamkan kebakaran itu, katanya, suplai bahan bakar dihentikan dari sebuah kran. Setelah itu, air disemprotkan dalam posisi jet sehingga air menyembur dengan kuat ke pusat api.

"Bersamaan dengan itu, seorang prajurit yang berposisi sebagai 'penyerang' mencoba membuka pintu agar penyemprotan air dapat lebih maksimal. Dalam waktu singkat api dapat dipadamkan," katanya.(antarajatim)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment