Monday, March 2, 2009

Kasad India Kunjungi Kodam IX/Udayana

2 Maret 2009, Denpasar -- Kasad India Genderal Deepak Kapoor dalam lawatannya di Bali selama dua hari menyempatkan diri berkunjung ke Markas Kodam IX/Udayana untuk bertemu langsung dengan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Hotmangaradja Pandjaitan Jum’at (27/2).

Kunjungan Kasad India di Makodam IX/Udayana, selain untuk berkenalan dengan pejabat militer di Bali sekaligus ingin mengetahui lebih jauh peran dan tugas TNI di wilayah Nusa Tenggara.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Hotmangaradja Pandjaitan dalam kesempatan tersebut memutarkan film propill Kodam IX/udayana yang berisikan tentang tugas dan tanggung jawab Kodam IX/Udayana. Film yang berdurasi 10 menit itu juga menceritakan tentang operasi militer untuk perang dan Non perang seperti kegiatan Manunggal TNI Masuk Desa.

Seusai menyaksikan film yang berbahasa Inggris itu, Kasad India tampak puas dengan dan mengaku sedikit memahami tentang kondisi wilayah teritorial dan tugas serta tanggung jawab Kodam IX/Udayana di wilayah Nusa Tenggara.

Ketika kasad India menanyakan hubungan TNI-Polri, Pangdam mengatakan bahwa sejak dipisahkannya Polri dari TNI, tugas-tugas Polri lebih fokus pada tugas-tugas pengamanan, sedangkan TNI lebih pokus pada tugas pertahanan wilayah. “Bagaimana ketika terjadi Bom Bali”, tanya Kasad India. TNI bersama sama Polri saling memberikan informasi dan bekerjasama dalam mengatasi teror.

Kasad India juga ingin mengetahui hubungan TNI AD, AU dan AL yang ada di Bali, Pangdam IX/Udayana menjelaskan dengan detail sehingga Kasad India merasa sangat puas dengan apa yang disampaikan oleh Pangdam IX/Udayana.

Pertemuan yang berlangsung dalam bahasa Ingris itu ditandai dengan saling tukar cindramata. Pangdam IX/Udayana menjelaskan kepada tamunya bahwa cindramatanya berupa patung itu, merupakan simbol dari kemanunggalan TNI dengan Rakyat.(kodamudayana)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment