Saturday, March 7, 2009

Komandan Korps Marinir Lantik 112 Siswa Dikko


7 Maret 2009, Surabaya -- Komandan Korps Marinir (Kormar), Mayjen TNI (Mar) Djunaidi Djahri melantik 112 siswa pendidikan komando (dikko) dalam upacara pembaretan di Pantai Panjang, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan, Jatim.

Siaran pers Korps Marinir yang diterima ANTARA di Surabaya, Sabtu menyebutkan, ke-112 itu terdiri atas 42 Kadet Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) dan 70 siswa pendidikan pertama tamtama Komando Pengembangan dan Pendidikan TNI AL (KObangdikal).

Prosesi pembaretan pada Jumat (6/3) malam tersebut didahului dengan atraksi keluarnya Dewa Laut yang membawa baret ungu dan pisau komando, lambang kebanggaan pasukan dengan julukan hantu laut tersebut.

Selanjutnya baret ungu dan pisau komando diserahkan kepada Komandan Kormar. Komandan Kormar kemudian melepas helm dari salah satu perwakilan siswa yang diganti dengan baret ungu serta memasangkan pisau komando.

Setelah itu, seluruh pasukan yang telah dianggap sah sebagai anggota korps baret ungu tersebut mengucapkan sumpah sebagai prajurit Korps Marinir.

Komandan Kormar dalam sambutannya mengatakan, baret ungu bukan sekedar simbol, akan tetapi merupakan wujud kehormatan dan kebanggaan bagi prajurit. Baret itu merupakan hasil perjuangan dan pengabdian para pendahulunya serta anugerah yang diberikan bangsa dan negara.

"Baret ungu adalah ciri khas prajurit Korps Marinir yang dibangun dan dibesarkan oleh para pendahulu dengan cucuran keringat, tetesan darah dan bahkan hinggga nyawa taruhannya," kata jenderal berbintang dua itu.

Untuk itu, ia meminta pasukannya agar terus membina dan meningkatkan profesionalisme prajurit dengan memiliki kepribadian tangguh dan bermoral tinggi sesuai jati diri prajurit Korps Marinir.

"Kalian harus memegang teguh jati diri prajurit Korps Marinir yang merupakan cerminan prajurit dengan disiplin tinggi, pejuang tanpa pamrih serta mempunyai kebanggaan besar terhadap korps. Tumbuhkan kekompakan agar terpelihara persaudaraan sesama korps maupun sesama TNI atau dengan Polri serta dengan masyarakat," katanya.

Pembaretan itu dihadiri oleh Komandan Kobangdikal, Laksda TNI Sumartono, Wadan Kobangdikal Brigjen TNI (Mar) Arief Suherman, Kasgartap III Surabaya, Brigjen TNI (Mar) Triyono S Hadi, Wagub AAL, Brigjen TNI (Mar) Odir Sumantri, Komandan Pasmar-1, Brigjen TNI (Mar) I Wayan Mendra dan pejabat lainnya. (antarajatim)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment