Friday, March 13, 2009

Kadet ALL Selesaikan Praktikum Rangkaian Listrik

13 Maret 2009, Surabaya -- Dalam rangka meningkatkan kualitas serta memberikan hasil didik bagi kadet tingkat IV korps Elektronika Akademi Angkatan Laut (AAL), perlu dilaksanakan dan diselenggarakan program yang berfokus pada pengembangan kemampuan teknis dengan memanfaatkan fasilitas yang ada dan tersedia di laboratorium listrik dan elektronika AAL.

Program praktikum semacam ini dikhususkan kepada kadet tingkat IV yang telah selesai menerima pelajaran teori rangkaian listrik I dan II sehingga dapat mengaplikasikan/mempraktekkan secara langsung pengetahuannya ke dalam bentuk aplikasi perancangan sebuah alat, dengan materi kegiatan tentang pengaplikasian teori mata kuliah rangkaian listrik ke dalam suatu perancangan sebuah instalasi listrik.

Secara umum kegiatan praktikum ini berjalan tertib dan lancar sesuai rencana latihan dengan memaksimalkan sumber daya yang tersedia. Alins/alongins yang ada di laboratorium listrik dan elektronika departemen elektronika AAL cukup memadai untuk melaksanakan kegiatan praktikum rangkaian listrik ini. Material pendukung telah tersedia baik dari segi hardware maupun softwarenya dan semua personel pendukung terlibat langsung secara proaktif, ujar Kepala Departemen Elektronika AAL Kolonel Laut (E) Totok Subali Asmoro, S.T.

Dalam praktikum ini para kadet berhasil menginstalasi listrik satu fase di setiap meja praktikum dan menguji analisis dan trouble shooting suatu rangkaian Elektronic Work Bench dalam menyelesaikan analisa suatu rangkaian listrik dan elektronika sebelum memulai membuat suatu peralatan.

”Ini bekal buat mereka dan akan menumbuhkan kepercayaan diri nantinya setelah lepas dari lembaga pendidikan AAL menjadi perwira TNI AL korps elektronika utamanya yang berdinas di KRI sebagai Asisten kepala divisi elektronika senjata (Askadivleksen) maupun Asisten kepala divisi listrik kapal (Askadivliskap)”, tandas gubernur AAL Laksda TNI Moch. Jurianto, S.E. (tnial)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment