Tuesday, March 27, 2012

Pimpinan Marinir AS Singgung Pangkalan di Darwin

Foto bersama pejabat teras Pasmar-1 dengan Komandan Marforpac. (Foto: Marinir)

26 Maret 2012, Surabaya: "Commander US Marine Corps Force Pasific" (COMMARFORPAC) atau pimpinan Korps Marinir AS untuk kawasan Asia-Pasifik, Letnan Jenderal Duane Thiessen, menyinggung soal keberadaan pangkalan Korps Marinir AS di Darwin, Australia.

Hal itu diungkap Letnan Jenderal Duane Thiessen saat disambut Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Tommy Basari Natanegara dalam pertemuan di Ruang VIP Lapangan Tembak FX. Soepramono, Karangpilang, Surabaya, Senin.

Sebelum diterima Danpasmar-1, orang nomor satu di jajaran Korps Marinir AS untuk kawasan Asia-Pasifik itu langsung mengelilingi Ksatrian Sutedi Senaputra di Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya.

Dalam kunjungannya, Lt. Gen Duane Thiessen menyampaikan pangkalan Korps Marinir AS di Darwin Australia yang hanya berkekuatan satu kompi atau sekitar 250 personel akan ditambah secara bertahap menjadi satu divisi atau sekitar 2.500 personel hingga tahun 2014.

Sehubungan dengan hal tersebut, Lt. Gen Duane Thiessen merencanakan pasukannya yang akan menempati pangkalan Marinir Amerika di Darwin itu untuk melakukan latihan bersama dengan Marinir di negara-negara Asia, termasuk Marinir Indonesia.

Di sela-sela kunjungannya, Jenderal Marinir AS berbintang tiga itu terkesima ketika melihat prajurit Pasmar-1 melaksanakan kegiatan rutin, seperti dayung, karate, cross country, drill senjata, dan sebagainya.

Apalagi, saat prajurit Korps Marinir mendemontrasikan tembakan ke arah sasaran untuk membuka baliho yang bertuliskan "General Thiessen Welcome to Pasmar-1".

Di akhir acara, Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Tommy Basari Natanegara dan Commander US Marine Corps Force Pasifik Letnan Jenderal Duane Thiessen saling bertukar cendera mata dan foto bersama.

Sumber: ANTARA Jatim

1 comment:

  1. USMC has base in Aussie and the Phillipines, well as a US Marine's fiancee I wish they can have one too in Indo :)

    I have friends from both Indo and US Marine, and like seriously Indo marines are pretty badass too and it'd be great to have Marinir with Marines all together.

    Oorah Semper Fi! Jalesu Bhumyamcha Jayamahe!

    ReplyDelete