Thursday, March 29, 2012

Kaskoopsau I meninjau latihan Demo Udara Pesawat EC 120 B Colibri


29 Maret 2012, Subang: Kepala Staf Komando Operasi TNI AU I (Kas Koopsau I), Marsma TNI Agus Supriatna didampingi Asops Kaskoopsau I, Kolonel Pnb Ismet Ismaya, Kalambangja Koopsau I Kolonel Pnb Ferdinand Roring serta Kaku Koopsau I Letkol Adm Kris meninjau Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma, Rabu (28/3). Dalam kunjungan ini Kas Koopsau I disambut Komandan Pangkalan TNI AU Suryadarma, Kolonel Pnb H. Dumex Dharma, S AP, M Si (Han), Komandan Skadron Udara 7 Letkol Pnb Sapuan, S Sos beserta perwira Skadron Udara 7 dan pejabat lanud.

Dalam kunjungan tersebut Kaskoopsau I sekaligus meninjau persiapan Demo Udara oleh pesawat Helikopter Colibri yang akan tampil pada peringatan HUT ke 66 TNI AU 9 April mendatang. Dalam pengarahannya Kaskoops mengharapkan Demo Udara ini dilaksanakan sesuai dengan Standar Operasi (SOP) atau ketentuan yang selama ini dilaksanakan. “Dengan penampilan pertama ini sudah membuat kesan yang bagus dan akan tampil untuk ditonton, untuk itu tampilkan trik-trik untuk memukau penonton” katanya. Selanjutnya menurut Marsma Agus , Demo Udara Helikopter ini tidak gampang dan dan harus dilatih dengan sungguh-sungguh , ini merupakan kebanggaan, dengan latihan kalian punya kemampuan untuk menampilkan gerakan-gerakan yang dinamis namun perlu diingat perhatikan Safety dengan baik dan jaga kepercayaan pimpinan, tidak lupa berdoa dan saling percaya diantara semua tim,tegasnya.

Sementara itu Komandan Pangkalan TNI AU Suryadarma, Kolonel Pnb H. Dumex Dharma, S AP, M Si (Han) dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Kas Koopsau I dalam meninjau kesiapan Lanud Suryadarma, Khususnya Skadron Udara 7 dalam persiapan menyambut HUT ke 66 TNI AU. “Selamat datang di Suryadarma mudah-mudahan kunjungan ini akan menjadi pemicu bagi kami dalam melaksanakan tugas selanjutnya” harapnya.

Selanjutnya Rombongan menyaksikan latihan Demo Udara dengan 6 pesawat Colibri dan bertindak sebagai Leader Letkol Pnb Sapuan “Pulanggeni”. Demo Udara menampilkan formasi–formasi antara lain Pegasus Cross Over Break, Pegasus Head On, Waterfall, Spiral Dive, dan Sparkling Pegasus. Selesai melaksanakan latihan, Kaskoopsau I kembali memberikan arahan-arahan dan koreksi serta mengevaluasi kegiatan yang baru dilaksanakan.

EC 120 B Colibri Siaga di Lanud Halim

Pesawat Helikopter EC-120 B Colibri HL-1205 dari Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma, Kalijati, Subang, dengan Captain Pilot Lettu Pnb Antonius dan Co Pilot Lettu Pnb Nodhi Bayu turut dilibatkan dalam mendukung kegiatan Latihan Pengamanan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) dalam gelar Operasi Alur Elang, di Terminal Selatan Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Rabu (28/03).

Lettu Pnb Antonius menerangkan, selain pengamanan ALKI, pesawat Heli Colibri saat ini bertugas sebagai pesawat yang siap untuk Operasi Search And Rescue (SAR). Disamping itu, bertugas dalam misi mendukung pengecekan kesiapan unsur demo udara ke Pangkalan TNI Suryadarma dengan rute Halim Perdanakusuma Sasaran-Halim Perdanakusuma.

Sesungguhnya tugas yang kami emban sudah sejak tanggal 22 Maret 2012, dengan mendukung Latihan Kilat, Latihan Cakra, Latihan Tangkis Petir dan Kalibrasi Radar Cibalimbing, dan direncanakan akan berakhir sampai dengan tanggal 29 Maret akhir bulan ini, kata Penerbang AAU lulusan tahun 2005 ini.

Suatu kebanggaan pula, Rabu (28/03), dipercayakan Pimpinan untuk menerbangkan Kepala Staf Koopsau I Marsma TNI Agus Supriyatna dalam kunjungan kerjanya di Cibarusa. Ini sangat berkesan, sebab sejak dikukuhkan sebagai Captain Pilot pada Oktober 2011, ini kali pertama saya menerbangkan VIP, ungkap Penerbang muda ini.

Sumber: TNI AU

No comments:

Post a Comment