Friday, March 30, 2012

Pangarmatim Tinjau Glagaspur III di Puslatlekdalsen


30 Maret 2012, Surabaya: Panglima Komando Armada RI Kwasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum meninjau Tactical Game (simulasi peperangan di laut) Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Tingkat III (L3) di ASTT Pusat Latihan Elektronika dan Pengendalian Senjata (Puslatlekdalsen) Kobangdikal, Kamis (29/3). Turut mendampingi, Asops Pangarmatim, para Komandan Satuan Kapal dan Komandan Unsur yang terlibat dalam latihan ini.

Latihan yang direncanakan mulai tanggal 2 April hingga 6 April mendatang tersebut, akan melibatkan 13 kapal perang dari berbagai jenis dan type. Disamping unsur laut, juga melibatkan pesawat Cassa dan dua buah helikopter jenis Bolko. Dalam latihan ini, bertindak sebagai Komandan Satuan Tugas (Satgas) Kolonel Laut (P) Yudo Margono, yang sehari-hari menjabat Komandan Satuan Kapal Eskorta Koarmatim.

Dikatakan Pangarmatim, bahwa latihan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit matra laut dalam mengawaki dan menggunakan peralatan tempur. Sedangkan sasaran yang ingin dicapai, yaitu agar setiap prajurit mampu melaksanakan peperangan dan pertahanan dalam tugas tempur laut yang meliputi peperangan anti kapal selam, peperangan anti kapal permukaan air, Pertahanan Udara, prosedur komunikasi taktis, dan pembekalan di laut.

“Disamping itu, para prajurit Koarmatim diharapkan mampu melaksanakan peperangan dengan melibatkan beberapa unsur udara dalam formasi tugas tempur laut serta mampu mengaplikasikan pelajaran teori kepelautan serta pengenalan doktrin-doktrin peperangan laut,”tegas Pangarmatim.

Sementara itu, daerah latihan meliputi Pangkalan Surabaya, Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS), Laut Jawa, Pulau Gundul, kemudian kembali ke Pangkalan Surabaya.

Sumber: Dispenarmatim

No comments:

Post a Comment