Tuesday, May 17, 2011

TNI AL dan AL Rusia Gelar Latma Anti Perompak

RFS Admiral Panteleyev (BPK 548). (Foto: RIA Novosti/Vitaliy Ankov)

17 Mei 2011, Moskow (Berita HanKam): Kapal perusak RFS Admiral Panteleyev (BPK 548) dari Armada Pasifik Rusia akan mengelar latihan bersama anti perompak dengan TNI AL. Kapal akan berlabuh di Pelabuhan Makassar, 25-27 Mei.

Admiral Panteleyev telah ditugaskan melakukan misi internasional anti perompak di perairan Somalia pada 2009. Kapal berhasil menangkap 29 tersangka perompak dan diduga kuat terlibat dalam usaha perompakan yang gagal kapal tanker milik Rusia.

Admiral Panteleyev menggagalkan juga usaha penyerangan sebuah kapal kargo Eide Trader ketika mengawal iring-iringan enam kapal dagang dari berbagai negara. Admiral Panteleyev melepaskan tembakan ketika dua speedboat berusaha mendekati Eide Trader.

Kapal perang akan singgah di Singapura untuk mengikuti pameran maritim dua tahunan International Maritime Defense Exhibition (IMDEX) pada 17-19 Mei. Admiral Panteleyev berada di Singapura hingga 20 Mei dan selanjutnya berlayar ke Makassar.

RFS Admiral Panteleyev perusak kelas Udaloy dipersenjatai rudal anti kapal, meriam 30mm dan 100mm serta dilengkapi dua helikopter Ka-27 Helix.

Sumber: RIA Novosti
Berita HanKam

No comments:

Post a Comment