Friday, May 20, 2011

Danlantamal VIII Tutup Corpat Philindo XXV 2011

Laksma TNI Sugianto, SE bersalam komando dengan Captain Romeo Santiago O Nebres.

Komandan Lantamal VIII Manado, Laksma TNI Sugianto, SE secara resmi menutup Latihan Patroli Terkoordinasi Philipina Indonesia (Corpat Philindo XXV 2011) di Gedung Serba Guna Lantamal VIII Manado, Rabu (18/5). Corpat Philindo XXV yang dilaksanakan dari tanggal 9 Mei s.d 16 Mei 2011 yang dibuka di Davao Philipina berhasil dan sukses.

Dalam Acara Penutupan tersebut, Laksma TNI Sugianto, SE menyatakan “ Corpat Philindo ini merupakan sebuah manifestasi dari hubungan baik bilateral kita dan sebuah berkat abadi untuk generasi sekarang dan yang akan datang, lebih dari itu makna terpenting dari kegiatan ini adalah untuk lebih meningkatkan semangat persahabatan antara kedua negara, khususnya antara kedua Angkatan Laut”

“Corpat Philindo yang baru dilaksanakan adalah implementasi dari upaya untuk meningkatkan kerjasama dalam saling percaya dan capasity building kedua negara yaitu Indonesia dan Philipina, tidak hanya pada aspek militer tapi juga aspek ekonomi dan sosial budaya termasuk juga transnational crime”, demikian Laksma TNI Sugianto, SE menyampaikan.

Lebih lanjut Danlantamal VIII menyampaikan, “Perairan perbatasan antara kedua negara merupakan jalur pelayaran penting dan strategis bagi kegiatan perdagangan maupun jalur internasional, khususnya untuk wilayah Asia Timur dan Asia Pasifik, sehingga wajar apabila upaya menciptakan stabilitas keamanan di perairan ini merupakan tanggung jawab ke dua Angkatan Laut,”

Diakhir sambutannya Laksma TNI Sugianto, SE menyampaikan bahwa hubungan kerja sama antara kedua Angkatan Laut dapat lebih ditingkatkan melalui kerja sama yang saling menguntungkan diberbagai bidang terutama dalam rangka memilihara keamanan dan stabilitas di kawasan perbatasan terseut.

Sementara itu dalam Ketua Delegasi Philipina Captain Romeo Santiago O Nebres, Deputy Commander of Eastern Mindano Command menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang baik antara TNI AL dan FN (Filipine Navy) yang telah berjalan cukup baik selama ini dan akan terus dipertahankan guna mempererat hubungan bilateral ke dua negara. Segala permasalahan yang ada antar ke dua negara dapat diselesaikan dengan baik dengan komunikasi dan kordinasi yang baik.

Corpat Philindo XXV tahun 2011 yang dilaksanakan dari tanggal 9 Mei 2011 s.d. 16 Mei 2011 merupakan realisasi dari kesepakatan tentang pelaksanaan Corpat Philindo tahun 2011 yang telah ditetapkan pada saat sidang tingkat ketua pada bulan Pebruari 2011 di Manado. Kapal Perang TNI AL yang terlibat dalam Corpat Philindo XXV ini adalah KRI Tongkol-813 yang dikomandani Mayor Laut (P) Sumarji Bimoaji. Sedang Kapal Perang AL Philipina adalah BRP Miquel Malvar (PS-19) yang dikomandani Comander Ernesto O. Baldovino..

Adapun dalam acara CC (Courtesy Call) antara Danlantamal VIII dengan Delegasi Filipina dibahas untuk ke depan latihan latihan yang digelar akan diperbanyak lagi seperti praktek pertukaran informasi, pertukaran data intelejen, penghadangan, manuver kapal, pengejaran, pemblokiran serta penghadangan bila terjadi pelanggaran di laut latihan navy seal (pasukan katak), latihan SAR laut, counter terorisme dan penanggulangan bencana.

Sumber: Lantamal VIII

No comments:

Post a Comment

Post a Comment