Saturday, February 5, 2011

Pasmar-1 Evaluasi Kemampuan dan Kekuatan

(Foto: Korps Marinir)

5 Februari 2011, Surabaya -- (ANTARA Jatim): Jajaran Pasmar-1 melakukan evaluasi kemampuan dan kekuatan serta merancang program kerja tahun 2011 melalui Rapat Staf dan Komando Terbatas (Rakortas) di Bapra Edianto Brigif-1 Mar Gedangan, Sidoarjo.

Informasi dari Penerangan Pasmar-1 yang diterima ANTARA Jawa Timur di Surabaya, Sabtu, melaporkan Rakortas 2011 itu dibuka Wakil Komandan (Wadan) Pasmar-1 Kolonel Marinir F. Saud Tambatua pada 4 Februari.

Dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh Wadan Pasmar-1, Komandan Pasmar-1 (Danpasmar-1) mengatakan Rakortas merupakan salah satu mata rantai mekanisme komando dan pengendalian yang diselenggarakan untuk meningkatkan komunikasi, informasi, dan penyamaan persepsi.

Selain itu, Rakortas juga serta mengevaluasi sejauh mana program pembinaan serta program kerja anggaran 2010 sekaligus menetapkan konsistensi pembangunan maupun penggunaan kemampuan dan kekuatan Pasmar-1 yang tertuang dalam program kerja dan anggaran tahun 2010.

"Dengan evaluasi tersebut, kita harapkan dapat mengetahui posisi Pasmar-1 saat ini dan apa yang akan kita hadapi ke depan yang pada akhirnya kita dapat memilih serta menentukan langkah dan tindakan yang terbaik," katanya.

Rakortas juga bertujuan mewujudkan efektifitas dan efisiensi pembinaan sumber daya manusia yang bermoral, profesional dan berkarakter.

"Karena itu, saya selaku pimpinan Pasmar-1 berharap agar pada rapat Staf dan Komando Terbatas Pasmar-1 dilakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pembinaan kemampuan dan kekuatan serta aspek-aspek terkait dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit," katanya.

Secara umum, program kerja anggaran Pasmar-1 tahun 2010 dapat dilaksanakan sesuai rencana tanpa hambatan yang berarti dan banyak kemajuan yang dicapai, namun ada hal-hal yang harus disempurnakan dan dioptimalkan di tahun 2011.

Dalam kesempatan itu, Danpasmar-1 mengajak kepada seluruh peserta rapat Staf dan Komando Terbatas Pasmar-1 untuk menyatukan visi dan misi serta menjadikan inisiator agar Pasmar-1 menjadi kesatuan yang dapat dibanggakan oleh Korps Marinir/TNI AL, TNI, masyarakat, bangsa dan negara.

Setelah mendengarkan amanat Komandan Pasmar-1, para peserta Staf dan Komando Terbatas Pasmar-1 memaparkan dan mengevaluasi program kerja tahun 2010 dan merencanakan program kerja untuk tahun 2011 yang dilakukan oleh setiap Komandan Kolak/Satlak Pasmar-1 serta paparan dari para Asisten Danpasmar-1.

Pada sesi terakhir, Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) A. Faridz Washington memaparkan dan memberikan kebijakan umum untuk program kerja ke depan, sekaligus menutup Rakortas.

Sumber: ANTARA Jatim

No comments:

Post a Comment

Post a Comment