Wednesday, February 2, 2011

KRI Banjarmasin-592 Openship di Ambon


2 Februari 2011, Ambon -- (Armatim): KRI Banjarmasin-592 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Eko Joko W, merupakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) buatan dalam negeri jenis Landing Platform Deck (LPD), yang baru selesai dibuat oleh PT. PAL, sedang melaksanakan pelayaran dalam rangka long sea trial (uji coba pelayaran jarak jauh).

KRI Banjarmasin-592 merapat di dermaga Irian Lantamal IX Halong Ambon, beberapa waktu yang lalu diterima oleh Wakil Komandan Lantamal IX Ambon Kolonel Laut (P) Aswoto Saranang dan sejumlah Perwira Menengah Lantamal IX Ambon.

KRI Banjarmasin-592 memiliki tugas pokok sebagai Kapal angkut personel, kendaraan tempur Amphibi dan angkut Heli kopter yang memiliki kemampuan Docking-Undocking guna memproyeksikan kekuatan laut ke darat. Jumlah ABK KRI Banjarmasin-592 sebanyak 118 orang, mengangkut peralatan tempur antara lain Tank AMX, Tank BTR, RRF, Sea Rider, Perahu karet, Heli Bel 412.

Selama di Ambon, KRI Banjarmasin-592 mengadakan open ship yang dihadiri oleh ratusan pelajar dari berbagai sekolah baik TK, SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi yang ada di Ambon.

Tujuan kegiatan open ship KRI Banjarmasin ini untuk menunjukkan kepada masyarakat luas tentang hasil karya putra-putri bangsa Indonesia. Salah satu acara menarik adalah dilangsungkannya demo Operasi Amphibi secara terbatas oleh pasukan Marinir, beberapa kendaraan tempur keluar dari KRI Banjarmasin-592.

Pada kesempatan itu, Komandan KRI Banjarmasin-592 saat berada di Ambon menyempatkan diri melaksanakan kunjungan kehormatan ke Gubernur Maluku, Kapolda Maluku dan Pangdam XVI/ Pattimura.

Sumber: TNI

No comments:

Post a Comment

Post a Comment