Wednesday, February 2, 2011

Denjaka dan Navy SEALS Gelar Latma Silent Iron


Asops Dankormar menyematkan tanda peserta latihan Silent Iron.

1 Februari 2011, Jakarta -- (Marinir): Latihan Bersama antara Detasemen Jalamangkara (Denjaka) Korps Marinir TNI-AL dan US Navy Seals untuk pertama kalinya digelar di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Latihan yang akan dilaksanakan selama kurang lebih 3 minggu dibuka dalam sebuah upacara militer oleh Asisten Operasi Dankormar Kolonel Marinir Kasirun Situmorang di Lapangan tembak “Karno” Brigif-2 Mar, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (31/1)

Kegiatan latihan dengan sandi “SILENT IRON 11-1 TA. 2011” ini melibatkan 72 personel Denjaka sedangkan dari US Navy Seals 16 personel. Latihan yang digelar di kepulauan seribu hingga 19 Februari tersebut melaksanakan beberapa materi latihan beraspek darat, laut dan udara dengan berbagai macam dinamika di tiap-tiap aspeknya.

Dalam amanat Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) M.Alfan Baharudin, yang dibacakan Inspektur Upacara Asisten Operasi Komandan Korps Marinir Kolonel Marinir Kasirun Situmorang, bahwa latihan bersama ini bertujuan untuk mempererat persahabatan dan memperkokoh hubungan baik antara Korps Marinir TNI-AL dan US Navy Seals, serta secara khusus meningkatkan kemampuan dan profesionalisme personel yang terlibat latihan ini baik taktik maupun teknik penanganan aksi-aksi terorisme.

Sebelum mengakhiri amanatnya, ada beberapa penekanan yang disampaikan, yaitu pertama, Laksanakan latihan dengan rasa penuh kebanggaan dan bertanggungjawab, kedua, laksanakan latihan dengan semangat, motivasi, dedikasi dan loyalitas yang tinggi, ketiga, perhatikan factor keamanan terhadap personel dan materil dengan melaksanakan standar prosedur operasi yang berlaku, keempat, tingkatkan kerjasama dan kebersamaan antara sesama peserta latihan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Hadir dalam acara tersebut Chief ODC Col Koehlmoos, Atase Marinir Amerika LTC Ronald Domingue, Asintel Dankormar Kolonel Marinir Suhono, serta undangan dari instansi militer dan sipil lainnya.

Sumber: Korps Marinir

No comments:

Post a Comment

Post a Comment