Friday, February 11, 2011

Latihan Cargo Delivery System Skadron Udara 31 di Lanud Suryadarma

9 Februari 2011, Subang -- (Pentak Lanud Sdm): Dalam rangka memelihara kemampuan prajurit bertugas, Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta, Senin (8/2) selama dua hari mengadakan latihan dropping barang dari udara yang berparasut bernama Cargo Delivery System (CDS) di Landasan Lanud Suryadarma, Subang. CDS merupakan latihan dropping logistik bagi pasukan yang berada di medan depan operasi yang tidak dapat dijangkau melalui jalan darat. Unsur-unsur pendukung latihan meliputi tim Pengendali Tempur (Dalpur) Paskhas dari Batalyon 461 Paskhas, Tim Batalyon Perbekud 5 Ditbekangad TNI AD, Tim Batalyon Angrat TNI AD dan Lanud Suryadarma.

Tim Dalpur Paskhas bertugas memandu dua Pesawat Herkules dari Skadron Udara 31 ketika menerjunkan barang di Landasan Lanud Suryadarma sedangkan Tim Perbekud merupakan pemilik payung udara bertugas mengemas sekaligus membereskannya setelah CDS selesai. Menurut Letda CBA Victor Komandan Peleton dari Tim Yon Perbekud 5, latihan CDS menggunakan delapan payung udara barang berdiameter 8 meter. Masing-masing payung disimulasikan membawa 1 koli barang terdiri dari 4 drum dengan berat 850 kilogram Bahan Bakar Minyak (BBM) yang sebenarnya berisi air.

Sedangkan Letda Pnb Galuh Yudi, kru Skadron Udara 31 yang ada di landasan Lanud Suryadarma menyatakan pada hari pertama dilakukan penerjunan terhadap 4 koli barang dalam 4 empat round penerbangan menggunakan dua Pesawat Herkules dengan tail number 1318 dan 1321, masing-masing round menerjunkan 1 koli barang. Pada hari kedua terdapat 8 koli barang dengan 4 round penerbangan, masing-masing round menerjunkan 2 koli barang. Selama dua hari pelaksanaan CDS di Lanud Suryadarma berlangsung dengan aman dan lancar.

Sumber: TNI AU

No comments:

Post a Comment

Post a Comment