Wednesday, February 9, 2011

KRI Frans Kaisiepo-368 Laksanakan Latihan RASEX


9 Februari 2011, Lebanon -- (Puspen TNI): Penunjukan KRI Frans Kaisiepo-368 sebagai MIO (Maritime Interdiction Operation) Commander dalam satuan tugas Maritime Task Force/UNIFIL mempunyai arti penting dalam sejarah bangsa Indonesia di Dewan Keamanan PBB. Salah satu pilar utama dalam pelaksanaan mandat seperti yang tertuang dalam United Nations Security Council Resolution (UNSCR) 1701 dan 1884 menuntut tidak hanya tingkat kehadiran unsur-unsur kapal yang tinggi, namun juga ketahanan (endurance) melaksanakan operasi di laut dalam waktu yang lama.

Sehubungan dengan hal tersebut dilaksanakan RASEX (Replenishment Exercise At Sea) bersama unsur-unsur lain dalam satuan tugas Maritime Task Force/UNIFIL di Area of Maritime Operation (AMO). Tujuan dari RASEX ini adalah sebagai metode pembekalan bagi unsur di laut yang memungkinkan suatu unsur atau gugus tugas untuk tetap berada di laut dalam jangka waktu yang lama dalam mendukung pelaksanaan operasi. Selain itu juga bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan profesionalisme team work prajurit pengawak kapal serta meningkatkan mutual cooperation dan relationship diantara unsur-unsur yang tergabung dalam Maritime Task Force/UNIFIL.

Dalam latihan yang berlangsung hampir sekitar dua jam tersebut Komandan KRI Frans Kaisiepo-368, Letkol Laut (P) Wasis Priyono, ST, menyampaikan apresiasi positif terhadap pelaksanaan latihan tersebut.

Sumber: TNI

No comments:

Post a Comment