Wednesday, February 9, 2011

TNI AL Evakuasi Penumpang KM Selvia

TNI AL mengerahkan sembilan unsur yang terdiri dari 3 kapal perang, 2 KAL, 2 Sea Rider, 2 Combat Boat dan 4 Tim Pasukan Katak untuk membantu melaksanakan SAR dan evakuasi terhadap sejumlah penumpang. (Foto: TNI AL)

9 Februari 2011, Jakarta -- (Pelita): TNI Angkatan Laut mengerahkan sembilan unsur guna membantu melaksanakan SAR dan evakuasi terhadap sejumlah penumpang Kapal Motor Penumpang (KMP) Selvia yang terbakar di sekitar Pulau Damar, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Selasa (8/2).

Sembilan unsur yang dikerahkan TNI Angkatan Laut di antaranya KRI Patimura-371, KRI Sanca-815, KRI Balikpapan-901, KAL Kalagian, KAL Samadar, dua unit Sea Rider, dan dua unit Combat Boat Koarmabar, serta empat Tim Pasukan Katak dari jajaran Satuan Komando Pasukan Katak Komando Armada RI Kawasan Barat.

Menurut Dispenal, KMP Selvia yang jenis kapal Roro ini sebelumnya bertolak dari dermaga Tanjung Priok, Jakarta menuju Bangka-Belitung dengan mengangkut puluhan kendaran dan sekitar 200 orang penumpang. Dalam pelayaran sekitar 10 mil selepas Pelabuhan Tanjung Priok mendekati Pulau Damar di perairan Kepulauan Seribu, kapal mengalami kebakaran pada posisi 05 57 6 S – 106 57 4 T. Ratusan penumpang berhamburan terjun ke laut menyelamatkan diri dari api dan terapung-apung di laut dengan peralatan seadanya.

Memerolah informasi adanya musibah kebakaran kapal di laut, unsur-unsur TNI AL bersama kapal penolong lainnya dengan segera bergerak mendekati lokasi untuk memberikan pertolongan.

Hingga kemarin belum ditemukan adanya korban jiwa. Seluruh penumpang telah berhasil terselamatkan dan sudah dievakuasi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Sementara KMP Selvia sendiri masih berada di tempat kejadian dalam pengawasan kapal lain.

Sumber: Pelita

No comments:

Post a Comment