Saturday, December 18, 2010

TNI Gelar Latihan Antiteror di Cilegon

Irjen TNI Letjen TNI M Noer Muis melepas tanda peserta Latgap Anti Teror yang diikutu sejumlah Prajurit Pasukan Elit ke tiga angkatan dengan upacara militer yang berlangsung di Lapangan Group I Kopassus, Serang, Banten, Sabtu (18/12). (Foto: ANTARA/ Prabu Pandya/ss/Spt/10)

18 Desember 2010, Jakarta -- TNI menggelar latihan gabungan antiteror ditiga titik di Cilegon, Provinsi Banten, Sabtu (18/12).

Dalam latihan tersebut satuan antiteror TNI yakni Satuan Penanggulangan Teror-81 Kopassus, Detasemen Jala Mangkara dan Detasemen Bravo-91 dikerahkan ke Hotel Permata, PLTU Suryalaya dan sebuah kapal tanker. Ketiga obyek vital itu diskenariokan telah dikuasai para teroris dan diupayakan direbut oleh satuan-satuan antiteror TNI.

Manuver lapangan tersebut merupakan bagian dari Latihan Gabungan Satuan Antiteror TNI dengan sandi Tri Matra IV. Latihan yang baru kali pertama digelar itu disaksikan Irjen TNI Letjen TNI Moch Noer Muis dan sejumlah pejabat TNI.

Sebelumnya, Kepala Staf Umum TNI Marsekal Madya Edy Harjoko mengatakan, latihan gabungan satuan antiteror TNI bertujuan melatih dan meningkatkan kemampuan antiteror dalam menghadapi beragam aksi teror yang mengancam eksistensi Negar Kesatuan Republik Indonesia. "Peran TNI dalam penanggulangan teror tertuang dalam UU No 34/2004 yakni pasal 7 tentang operasi militer selain perang," ujarnya.

MI.com

No comments:

Post a Comment