Tuesday, December 14, 2010

Equador Beli 12 Cheetah Bekas AU Afsel

Cheetah C.

14 Desember 2010 -- BUMN Afrika Selatan Denel Aviation umumkan menjual 12 jet tempur Cheetah C ke Equador, Minggu (12/12). Kesepakatan penjualan diteken oleh CEO Denel Aviation Mike Kgobe di ibu kota Equador, Quito.

Jet tempur Cheetah C dan D telah dipensiunkan AU Afsel pada 2008, digantikan jet tempur Saab Gripen dibawah program paket Strategic Defence.

Proses negosiasi Denel Aviation, Armscor dan AU Equador berlangsung sejak 2009. Tim AU Equador berkunjung ke Afsel pada April 2010 guna mengecek armada Cheetah dan menyaksikan serangkaian uji penerbangan. Armscor perusahaan negara yang bertanggung jawab menjual peralatan dan produk militer.

Denel Aviation (sebelumnya Atlas Aircraft Corporation) kontraktor utama pembuatan Cheetah, varian dari Dassault Mirage III pada pertengahan era-1980an dan pemegang hak disain pesawat.

Perbaikan menyeluruh dan uji terbang akan dilakukan di Afsel dan Equador. Tim ahli Denel Aviation telah berkunjung ke fasilitas AU Equador guna mempelajari kemampuan infrastruktur dan teknis AU Equador dalam mengoperasikan Cheetah, serta mengevaluasi tingkat bantuan dan mengidentifikasi pelatihan yang diperlukan.

Harga penjualan 12 pesawat tidak diumumkan, tetapi sebelumnya pemerintah Equador menyiapkan anggaran 35 juta dolar untuk program ini, tetapi diperkirakan lebih dari 35 juta dolar.

Denel/Berita HanKam

1 comment:

  1. Pesawat tempur Cheetah dibuat Afrika Selatan meniru pesawat Mirage

    ReplyDelete