Tuesday, December 14, 2010

KSAL Pakistan Kunjungi AAL

(Foto: AAL)

13 Desember 2010, Surabaya -- Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Pakistan Admiral Noman Bashir mengunjungi Akademi Angkatan Laut (AAL) di kawasan Bumimoro, Surabaya, Senin.

Kunjungan orang nomor satu di jajaran AL Pakistan itu diterima Gubernur AAL, Laksamana Pertama TNI Ade Supandi, didampingi Wagub AAL, Brigjen TNI (Mar) Gatot Subroto.

Bashir yang didampingi sejumlah pejabat AL Pakistan, di antaranya Commodore Zahid Ilyas, Lt Commander Qaisar Iqbal, dan Lt Commander Zulfiquar Ali Khan, serta Atase Pertahanan Pakistan untuk RI Colonel Muhammad Umer disuguhi sekilas profil AAL.

Rombongan yang diantar Atase Pertahanan RI untuk Pakistan Kolonel Gamal Hario Putro juga mendapat kesempatan mengunjungi jembatan simulator sebagai salah satu fasilitas pendidikan yang dimiliki AAL.

Rombongan juga berkesempatan menyaksikan demonstrasi genderang suling Gita Jala Taruna di Lapangan Arafuru, kompleks AAL.

"Kunjungan ini merupakan kunjungan balasan atas kunjungan Kepala Staf TNI Angkatan Laut ke markas AL Pakistan beberapa waktu lalu," kata Ade yang berkesempatan mendampingi KSAL ke Pakistan itu.

Sebelumnya, Gubernur AAL memimpin upacara penutupan Latihan Praktik Menembak Kualifikasi Senapan Kadet Tingkat II dan Pembukaan Latihan Praktik Pra-Pendidikan Komando Kadet III Korps Marinir AAL.

"Keberhasilan pelaksanaan tugas TNI-AL sebagai salah satu komponen utama kekuatan pertahanan negara di laut, tidak hanya ditentukan oleh tersedianya alat utama sistem persenjataan yang canggih dan modern, akan tetapi ditentukan oleh perpaduan dari unsur manusia sebagai pengawak, peralatan, dan seluruh sistem yang mendukungnya," katanya.

Menurut dia, peralatan modern dan canggih bukan merupakan jaminan keberhasilan dari pelaksanaan tugas di jajaran AAL.

"Semua itu perlu diimbangi oleh kualitas personel yang memiliki pengetahuan, kompetensi, dan profesionalisme yang memadai," katanya mengingatkan.

ANTARA Jatim

No comments:

Post a Comment