Saturday, November 27, 2010

Inggris Potong Anggaran Militer, HMS Ark Royal dan Harrier Pensiun Dini, Pilot Tempur Terancam di PHK

HMS Ark Royal berlayar terakhir kalinya sebelum dipensiunkan. (Foto: Reuters)

27 November 2010 -- Jet tempur Harrier GR9 dan kapal induk serta kapal bendera Angkatan Laut Inggris HMS Ark Royal dipensiunkan dari armada AL Inggris terkait pemotongan anggaran belanja militer.

HMS Ark Royal telah bertugas 25 tahun, persenjataanya dilucuti sebelum ditambatkan. Kapal dibangun di galangan kapal Swan Hunter di Wallsend pada Desember 1978, diterima AL Inggris Juli 1985 dan bertugas November 1985.

Konstruksi kapal menelan dana 320 juta poundsterling dan diselesaikan 4.5 bulan lebih awal dari jadwal oleh Swan Hunter. HMS Ark Royal salah satu dari tiga kapal induk kelas Invinsible (HMS Invincible dan HMS Illustrious). Kapal AL Inggris kelima yang diberi nama Ark Royal.


HMS Ark Royal terlihat berlabuh di North Shields, Inggris 22 November 2010. Kapal bendera AL Inggris telah dilucuti persenjataanya dalam pelayaran perpisahan keliling Inggris Raya sebelum dipensiunkan karena pemotongan anggaran belanja pertahanan. (Foto: Reuters)

Panjang kesuluruhan kapal 210 meter dan lebar 36 meter, dapat mengangkut lebih 20 pesawat berbagai jenis, jet tempur Harrier GR7 dan GR9, helikopter anti kapal selam Sea King, helikopter anti kapal selam Merlin, helikopter angkut Sea King dan Chinook.

Kapal berbobot 22000 ton dapat dipacu hingga 30 knot, dipersenjatai 3x close-in weapons systems (CIWS) dan 2x 20 mm kanon anti pesawat udara sebagai pertahanan diri, diawaki 726 pelaut dan 348 personil satuan udara. Kapal juga mampu membawa 400 prajurit marinir atau angkatan darat.

Pemotongan anggaran

Jumlah kapal perang dipotong dari 24 menjadi 19 dan 4000 personil kehilangan pekerjaan. Penundaan pergantian kapal selam nuklir kelas Vanguard sekurangnya lima tahun, menghemat anggaran 750 juta poundsterling. AL Inggris hanya akan mengoperasikan satu kapal induk HMS Queen Elizabeth pada 2016 dan tanpa dilengkapi jet tempur, hanya helikopter. Pada 2019, Kapal induk kedua HMS Prince of Wales akan disiagakan dan mungkin juga dijual ke negara ketiga. Jet tempur Harrier dipensiunkan tahun depan dan jet tempur pengganti F-35 akan tiba 2020.

Program pemotongan anggaran militer berimbas juga pengurangan jumlah prajurit angkatan darat sebanyak 7000 orang, lebih dari 100 tank dan 200 ranpur dipensiunkan, serta kehadiran militer Inggris di Jerman akan ditarik.

Dua pangkalan udara akan ditutup dan sedikitnya 5000 personil akan dikurangi. Kekuatan AU Inggris ditumpukan pada Tornado dan Typhoon.

Sedangkan satuan khusus akan mendapatkan peningkatan anggaran untuk membeli persenjataan dan peralatan komunikasi canggih

Penerbangan perpisahan Harrier






Jet tempur Harrier GR9 lepas landas dari dek kapal induk HMS Ark Royal terakhir kalinya sekitar 40 mil laut dari pantai Newcastle, 24 November 2010. Kapal dan pesawat dipensiunkan menyusul pemotongan anggaran militer Inggris. Para pilot Harrier terancam kehilangan pekerjaan, karena pesawat pengganti baru tiba 2020. (Foto: Reuters)

Daily Mail
/Berita HanKam

No comments:

Post a Comment

Post a Comment