Tuesday, October 5, 2010

RI-Malaysia Mantapkan Kerja Sama Pertahanan Udara

(Foto: detikFoto)

05 Oktober 2010, Jakarta -- Republik Indonesia (RI) dan Malaysia memantapkan kerja sama di bidang pertahanan udara melalui TNI Angkatan Udara dan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM)

Asisten Pengamanan (Aspam) Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsda TNI Gunpanadi Waluyo di Jakarta, Senin (4/10) mengatakan, pemantapan kerja sama TNI AU dengan TUDM diantaranya saling tukar menukar informasi antarpara perwira.

Selain itu, TNI AU dan TUDM akan melakukan kerja sama latihan dan operasi serta meningkatkan hubungan berlanjut antar peserta Junior Officer Exchange Visit dimasa-masa mendatang.

"Pertukaran kunjungan antara para perwira TNI AU dan TUDM diharapkan akan menjalin kerjasama bilateral khususnya antara kedua Angkatan Udara," ujar Gunpadi usai menerima kunjungan Tim Junior Officer Exchange Visit TUDM yang di pimpin Letkol Haji Saharuddin bin Mansyor di Mabes TNI AU Cilangkap. Tim Junior Officer Exchange Visit TUDM juga mengunjungi Lanud Adisutjipto.

Saharuddin mengakui, TUDM mengagumi cara-cara pembinaan personel yang dilakukan TNI AU, seperti pembinaan psikologi serta pembinaan samapta yang dilakukan oleh TNI AU.

Danlantamal III terima komandan kapal perang Jepang


Secara terpisah, Komandan Lantamal III Laksamana Pertama TNI Iskandar Sitompul,menerima kunjungan kehormatan Komandan Kapal Perang Pasukan Bela Diri Jepang (Japan Selfdefence) JS Kashima TV-3508 Captain Hirotaka Nakao yang didampingi Atase Pertahanan Jepang di Indonesia di Markas Komando Lantamal III Jakarta. Kapal perang JS Kashima merupakan salah satu dari tiga kapal perang milik pasukan beladiri Jepang yang sedang melaksanakan port visit di Indonesia.

Kapal Perang Jepang yang sedang mengadakan port visit di Jakarta JS Kashima TV-3508, JDS ini Yamaghiri TV-3515 dan JDS Sawayuki DD-125 ini dalam rangka melaksanakan muhibah ke beberapa negara.

Muhibah ini dalam rangka pelaksanaan training atau pelatihan para kadet Pasukan Beladiri Japang yang dipimpin oleh Real Admiral Tokumura yang menjabat sebagai Dansatgas.

Iskandar mengharapkan, kunjungan ini bisa ditingkatkan menjadi kerjasama TNI AL dengan pasukan beladiri Jepang di masa yang akan datang.

Suara Karya

No comments:

Post a Comment