Tuesday, September 28, 2010

Peningkatan kerjasama Angkatan Bersenjata RI - Afsel


25 September 2010, Pretoria -- Afrika Selatan sangat berkeinginan untuk meningkatkan hubungan kerjasama militernya dengan Indonesia, antara lain dalam bentuk pertukaran saling kunjungi pejabat-pejabat militer dan pelatihan, demikian inti statement yang disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat Afsel, Letnan Jenderal Solly Shoke kepada Kasad TNI Jenderal George Toisutta pada pertemuan bilateral yang diadakan di Cape Town tanggal 21 September 2010. Dalam pertemuan tersebut Kasad TNI Jenderal George Toisutta didampingi oleh Dubes RI Sjahril Sabruddin, Pangkostrad Letnan Jenderal Burhanudin Amin, Irjenad Mayor Jenderal Djoko Susilo Utomo dan Aster Kasad Mayor Jenderal Jul Effendi serta Athan KBRI Pretoria.

Pada pertemuan itu juga disampaikan oleh Kasad Afsel Letnan Jenderal Solly Shoke bahwa hubungan bilateral yang cukup baik dan dinamis antara kedua Negara telah menjadi modal utama untuk peningkatan kerjasama militer kedua Negara khususnya antara angkatan darat Afsel dengan Indonesia. Kasad TNI menyambut baik hal tersebut dengan menyampaikan undangan agar Jenderal Shoke dapat berkunjung ke Indonesia guna pembicaraan kerjasama lebih lanjut dan mengharapkan pula agar tawaran Indonesia kepada militer Afsel untuk mengikuti Lemhannas di tahun 2011 kiranya dapat segera di respon. Jenderal Shoke sangat menyambut baik undangan Kasad TNI untuk kunjungan ke Indonesia dan juga menjanjikan akan mengupayakan agar perwira AD Afsel dapat ikut dalam Lemhannas 2011.

Selanjutnya pada kesempatan pertemuan dengan Brigadir Jenderal Mpanya, Komandan Pasukan Khusus (Special Force) Afsel, Kasad Jenderal George Toisutta dan rombongan telah mendapatkan persentasi komprehensif tentang tata cara rekrutmen dan pelatihan untuk special forces Afsel, diakhir persentasinya, Brigadir Jenderal Mpanya menyampaikan pula keinginan pasukan khusus Afsel untuk saling bertukar pengalaman dan pengetahuan dengan pihak pasukan khusus Indonesia. Kasad Jenderal George Toisutta menyambut baik pemikiran tersebut, termasuk juga kerjasama di bidang pasukan lintas udara (airborne forces).

Pada kesempatan kunjungan di Afsel tersebut, Kasad dan rombongan juga telah mengikuti Pameran Internasional Alat-alat Milter di Air Force Base Ysterplaat serta menghadiri pertemuan ramah tamah dengan masyarakat Indonesia di Cape Town dan sekitarnya di Konsulat Jenderal Cape Town.

Deplu

No comments:

Post a Comment

Post a Comment