Wednesday, September 29, 2010

KSAL Inspeksi Kapal Perang Jelang Sertijab

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) yang lama, Laksamana TNI Agus Suhartono (kiri) didampingi calon penggantinya Laksamana Madya TNI Soeparno melakukan penghormatan terhadap deretan kapal perang Indonesia saat inspeksi laut di Markas Komando Armada Republik Indonesia Kawasan Timur (Makoarmatim), Surabaya, Rabu (29/9). Inspeksi laut merupakan salah satu tradisi di lingkungan TNI AL guna memeriksa kesiapan unsur-unsur untuk terakhir kalinya, sebelum tongkat estafet kepemimpinan diserahterimakan. (Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat/ss/ama/10)

29 September 2010, Surabaya -- Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Agus Suhartono melakukan inspeksi kapal perang di Markas Komando Armada Republik Indonesia Kawasan Timur, Ujung, Surabaya, Rabu, sehari menjelang digelarnya serah terima jabatan.

Dalam kegiatan itu, KSAL yang didampingi calon penggantinya Laksamana Madya TNI Soeparno dan sejumlah Panglima Komando Utama (Pangkota) di jajaran TNI AL, melakukan inspeksi dari atas Kapal Angkatan Laut (KAL) Yudhistira.

Kegiatan yang diberi nama "Admiral Inspection" ini merupakan salah satu tradisi di lingkungan TNI AL yang dilaksanakan guna memeriksa kesiapan unsur-unsur untuk terakhir kalinya, sebelum tongkat estafet kepemimpinan diserahterimakan.

Tradisi semacam ini biasanya digelar menjelang pergantian KSAL maupun Panglima Komando Armada RI. Selain sebagai ajang perpisahan dengan prajurit, kegiatan ini juga untuk memperkenalkan pemimpin yang baru.

Setelah melakukan inspeksi laut, KSAL Laksamana TNI Agus Suhartono menyampaikan amanat melalui radio telekomunikasi KAL Yudhistira dan dipancarkan ke seluruh kapal perang TNI AL yang sedang beroperasi di penjuru perairan Indonesia maupun internasional.

Kepala Dinas Penerangan Koarmatim, Letkol Laut Drs. Yayan Sugiana, mengatakan gelar inspeksi ini diikuti sekitar 2.500 prajurit anak buah kapal dari berbagai tipe dan jenis.

"KSAL dan penggantinya melewati setiap kapal perang yang bersandar dan mendapat penghormatan dari prajurit sambil meneriakkan 'Jalesveva Jayamahe'," katanya.

Ia menambahkan sertijab KSAL akan dilaksanakan di Dermaga Koarmatim pada Kamis (30/9), dengan dipimpin langsung Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso.

Sebelumnya, Laksamana TNI Agus Suhartono resmi dilantik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Panglima TNI, Selasa (28/9), menggantikan Jenderal Djoko Santoso yang telah memasuki masa pensiun.

Dalam Admiral Inspection ini, Laksamana TNI Agus Suhartono yang sudah dilantik oleh Presiden sebagai Panglima TNI menggantikan Jendral Djoko Santoso ini didampingi penggantinya Laksamana Madya TNI Soeparno dan sejumlah Panglima Komando Utama jajaran TNI AL. (Foto: detikFoto/Zainal Effendi)

Suasana saat Agus Suhartono melakukan inspeksi kapal perang (Admiral Inspection). (Foto: detikFoto/Zainal Effendi)

Sertijab KSAL sendiri akan dilaksanakan di Dermaga Koarmatim pada Kamis (30/9/2010) yang dipimpin langsung Panglima TNI Djoko Santoso. (Foto: detikFoto/Zainal Effendi)

ANTARA News

No comments:

Post a Comment

Post a Comment