Thursday, September 16, 2010

Menhan RI Terima Kunjungan Wamenhan Vietnam Bahas Peningkatan Kerjasama Pertahanan


16 September 2010, Jakarta -- Menteri Pertahanan Republik Indonesia Purnomo Yusgiantoro menerima kunjungan kehormatan Wakil Menteri Pertahanan Vietnam Lt. Gen Nguyen Chi Vinh, Rabu (15/9) di kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta. Kunjungan ini dimaksudkan dalam rangka meningkatkan hubungan kerjasama bilateral kedua negara khususnya di bidang pertahanan yang telah dijalin dengan baik selama ini.

Sebelumnya, pada tanggal 20 Januari 2010, Wamenhan Vietnam juga pernah melakukan kunjungan kehormatan kepada Menhan RI. Kunjungannya kali ini diantaranya dalam rangka untuk membahas Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama pertahanan antara kedua negara dan persiapan penyelenggaraan ADMM plus yang akan berlangsung di Hanoi, Vietnam pada bulan Oktober 2010.

Pembahasan secara detail mengenai MoU kerjasama pertahanan dan persiapan penyelenggaraan ADMM plus tersebut dilaksanakan dalam acara Bilateral Consultation RI – Vietnam antara Wamenhan Vietnam dengan Wamenhan RI Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin.

Menteri Pertahanan RI mengatakan, melalui MoU kerjasama bilateral di bidang pertahanan antara kedua negara maka diharapkan dapat menjelaskan batasan -batasan antara Indonesia dan negara - negara ASEAN lainnya.

Lebih lanjut Menhan menjelaskan tetang kebijakan Indonesia bidang pertahanan di ASEAN. Indonesia beserta negara - negara anggota ASEAN lainnya ingin menciptakan wilayah Asia Tenggara menjadi wilayah yang stabil dan damai yang juga merupakan tujuan utama dari ASEAN.

Terkait dengan persiapan penyelenggaraan ADMM plus, Menhan RI menyampaikan harapannya untuk dapat duduk bersama dengan Menhan Vietnam untuk membicarakan kebijakan yang berkelanjutan terkaitnya dengan akan diserahkannya kepemimpinan di ADMM plus dari Menhan Vietnam kepada Menhan RI.
Saat menerima kunjungan Wamenhan Vietnam, Menhan RI didampingi oleh Wamenhan RI Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin, Sekjen Kemhan RI Marsdya TNI Eris Herryanto, S.IP, MA, Dirjen Renhan Kemhan Marsda TNI B. Silaen, Staf Khusus Menhan Bidang Kersin Soemadi D.M. Brotodiningrat dan Karo Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI I Wayan Midhio.

Sementara itu, Wamenhan Vietnam didampingi sejumlah pejabat Kemhan Vietnam antara lain Director of Institute for Defence Int’l Relations Sn. Col. Vu Tie Trong, Deputy of Asean Affair Division, Department of External Relations Col. Pham Van Thang, Duta Besar Vietnam untuk Indonesia Nguyen Huu Dzung dan Athan Vietnam Sr. Col Khuat Huu Qua.

Kunjungan Wamenhan Vietnam ke Indonesia kali ini merupakan salah satu tindak lanjut pertemuan bilateral antara Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dengan Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung pada tahun 2009 yang diantaranya menyepakati keinginan untuk memperkuat kerjasama di bidang pertahanan.

Selanjutnya, pertemuan tersebut telah ditindaklanjuti pula dengan pertemuan antara Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung dan Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro, di sela-sela penyelenggaraan pertemuan ke-4 menteri pertahanan se-ASEAN (ASEAN Defence`s Minister`s Meeting/ADMM) di Hanoi, Vietnam 11-13 Mei 2010.

Dalam pertemuan Perdana Menteri Vietnam dengan Menhan RI saat itu, Pemerintah Indonesia dan Vietnam telah sepakat untuk meningkatkan kerja sama pertahanan di berbagai tingkatan dan lebih luas. Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung saat itu menyampaikan, kedepan kerja sama pertahanan kedua negara diharapkan akan terus semakin meningkat yang dilandasi dengan hubungan dan kerja sama tradisional antara kedua pihak yang telah berlangsung baik.

Bilateral Consultation RI – Vietnam

Usai kunjungan melakukan kunjungan kepada Menhan RI, Wamenhan Vietnam yang didampingi sejumlah pejabat dari Kemhan Vietnam mengikuti Bilateral Consultation RI – Vietnam dengan Wakil Menteri Pertahanan RI Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin yang didampingi sejumlah pejabat di Kemhan RI.

Wamenhan RI mengatakan, Bilateral Consultation RI – Vietnam tersebut membahas dua agenda yaitu mengenai MoU kerjasama antara Indonesia dan Vietnam dan mengenai persiapan penyelenggaraan ADMM plus pada bulan Oktober 2010 di Hanoi, Vietnam, dimana Indonesia akan menjadi Ketua dan tuan rumah penyelenggaraan ADMM tahun 2011. “Wamenhan Vietnam datang ke Indonesia untuk mengkorfirmasikan semua persiapan MoU maupun ADMM”, jelas Wamenhan RI.

Wamenhan lebih lanjut menjelaskan, MoU kerjasama pertahanan dibuat dalam rangka untuk meningkatkan kerjasama berbagai kegiatan pertahanan dan militer kedua negara seperti kerjasama di bidang pendidikan dan industri pertahanan.

Sementara itu, Wamenhan Vietnam mengatakan, MoU kerjasama pertahanan akan menjadi dasar yang kokoh bagi kerjasama kedua negara di bidang pertahanan yang diharapkan juga akan semakin mempererat hubungan bilateral kedua negara.

DMC

No comments:

Post a Comment

Post a Comment