Thursday, September 16, 2010

Marinir Bangun Pangkalan Pertahanan di 5 Wilayah

(Foto: detikFoto/Zainal Effendi)

16 September 2010, Surabaya –- Korps Marinir membangun Marinir Pertahanan Pangkalan (Marhanlan) di lima lokasi berbeda, yaitu di Kupang, Makasar, Teluk Bitung, Jayapura, dan Merauke.

“Kita harus siapkan pasukan, tidak saja untuk operasi ampibi tapi juga untuk pertahanan pantai, landasan dan juga operasi-operasi lain seperti diamanatkan konstitusi,” ujar Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjend TNI (Mar) M Alfan Baharudin dalam sambutannya di upacara sertijab Komandan Pasmar I di Lapangan Trian Sutedi Senaputra Bumi Marinir Karangpilang, Kamis (16/9).

Menurut Alfan, slogan politik pemerintah untuk mengatasi gesekan di perairan dengan negara tetangga dianggap tidak cukup.

“Masih ingat dibenak dan pikiran kita jika gesekan di perairan dengan negara tetangga masih kuat. Tidak menutup kemungkinan memicu konflik berturut-turut pada pulau-pulau garis perbatasan. Jangan hanya slogan politik belaka tapi harus dilakukan dengan gelar kekuatan penuh di pulau terluar secara konkret untuk mempertahankan negara,” tegasnya.

Alfan juga berpesan kepada prajurit agar tetap bersemangat menjaga alutsista meski kebutuhan negara sangat terbatas untuk pengadaan, pemeliharaan, perbaikan dan untuk kesejahteraan prajurit.

Solo Pos

1 comment:

  1. jalasveva jaya mahe... semper fi MARINES !!!!...saya copas dari WIKI arsenal KKO/marinir saat ini:
    1)+/- 100 unit AMX-10P marine dan AMX-10 PAC90 (apakah masih operasional semua ?)
    2)+/- 90 unit PT-76 (jumlah yang telah diretrofit berapa yah ?)
    3)+/- 190 unit BTR-50 (jumlah yang telah diretrofit berapa yah ? mmm mungkin ide mencangkok beberapa unit dengan MRL BM-14/17 atau di sulap jadi self propelled mortar carrier 120 mm keknye bagus tuh)
    4)+/- 40 unit BVP-2 (mmm...kedepannya mudah2x an bisa ditambah bertahap jadi 80 an unit ya pak kasal...)
    5)+/- 12 unit BTR-80A (waduhhh kurang banget neeh tambah bertahap jadi 40 unit dan ada beberapa yang pake SHORAD/PSU gabungan misil gremlin ama kanon 30 mm)
    6)+/- 7 unit RM-70 (ada penambahan enggak yak ? nghayalan saya seeh 20 unit an lah)
    7)akusisi BM-27 uragan/BM-30 SMERCH mau ?
    8)+/- 30 unit BMP-3/F (17 BMP-3F dan 20 BMP-3 ?)
    9)RPG-29 vampir untuk marine's TANK HUNTER KILLER

    ReplyDelete