Thursday, September 16, 2010

Kapal Induk Admiral Kuznetsov Beroperasi Kembali

Pilot AB Rusia melepaskan helm setelah menyelesaikan latihan terbang di Pusat Pelatihan Pilot AL Nitka di Saki, sekitar 50 km arah Barat kota Crimean, Simferopol, Rabu (15/9). Para pilot AL Rusia Armada Utara melakukan latihan militer di Crimea. (Foto: Reuters)

16 September 2010 -- Kapal induk satu-satunya AL Rusia Admiral Kuznetsov, telah keluar dari dok kering setelah menjalani perbaikan dan siap melaksanakan misi pelatihan di Laut Barent, dalam pernyataan Armada Utara AL Rusia, Rabu (15/9).

“Kapal induk Admiral Kuznetsov akan berlayar ke Laut Barent akhir September untuk sebuah misi pelatihan yang terkait dengan fungsi utamanya,” diumumkan Armada Utara AL Rusia.

Admiral Kuznetsov dibina oleh Armada Utara sejak Januari 1991. Kapal mampu membawa 26 jet tempur maritim Su-33 Flanker-D dan MiG-29K Fulcrum-D, serta 24 helikopter anti kapal selam.

Misi selanjutnya Admiral Kuznetsov terlibat program pelatihan peningkatan kemampuan pilot angkatan laut di Pusat Pelatihan Pilot AL Nitka di Ukraina.

Admiral Kuznetsov diharapkan naik dok di galangan kapal Sevmash 2012 untuk dimodernisasi, memperpanjang usia pakai kapal sekurang-kurangnya lima tahun lagi.

Rusia sedang menyelesaikan draft kapal induk tenaga nuklir baru dan akan membangun sedikitnya tiga kapal untuk Armada Utara dan Pasifik.

RIA Novosti/Berita HanKam

No comments:

Post a Comment

Post a Comment