Friday, July 23, 2010

Pernyataan Menteri Pertahanan Robert M. Gates di Istana Presiden di Jakarta, Indonesia

Robert Michael Gates menggelar jumpa pers didampingi Menhan RI Purnomo Yusgiantoro. (Foto: Cahyo/Rumgapres)

22 Juli 2010 -- MENHAN GATES: Terima kasih dan selamat sore. Menyenangkan sekali dapat kembali ke Jakarta. Saya baru saja mengakhiri sebuah pertemuan yang sangat menyenangkan dengan Bapak Presiden dan para pejabat RI lainnya. Kami membahas isu-isu keamanan bilateral, regional dan global serta membicarakan berbagai area dimana militer dari kedua negara kita bekerja sama untuk memajukan kepentingan kita bersama.

Saya senang bisa mengatakan kepada Bapak Presiden bahwa sebagai hasil dari reformasi militer Indonesia selama dasawarsa terakhir, profesionalisasi TNI yang terus berlangsung, dan berbagai langkah baru yang diambil oleh Kementerian Pertahanan RI untuk menangani masalah hak asasi manusia, Amerika Serikat akan memulai sebuah program kegiatan kerjasama keamanan yang bertahap dan terbatas dengan Kopassus.

Saya menandaskan kepada Bapak Presiden bahwa langkah awal ini akan dilaksanakan dalam batas-batas hukum AS dan bukan menandakan berkurangnya perhatian kami pada masalah hak asasi manusia dan akuntabilitas. Yang lebih penting lagi, kemampuan kita untuk memperluas langkah-langkah awal ini akan tergantung pada implementasi reformasi yang berkelanjutan dalam tubuh Kopassus dan TNI.

Kami menganggap hal ini merupakan perkembangan yang sangat signifikan dalam hubungan militer antara kedua negara dan kami berharap untuk bisa bekerja lebih erat lagi dengan TNI di tahun-tahun mendatang. Sekarang, saya mohon diri karena saya dan Menhan akan melakukan pertemuan untuk membicarakan hal ini dan masalah-masalah keamanan lainnya. Dan, saya akan bertemu dengan pers Indonesia dan AS sore hari nanti untuk menjawab pertanyaan Anda. Terima kasih.

US Embassy

No comments:

Post a Comment