Friday, July 23, 2010

KRI Soeharso Bertolak ke Masohi


23 Juli 2010, Ambon -- Kapal Rumah Sakit terbesar Indonesia, KRI dr. Soeharso SHS-990, berlayar menuju Masohi, ibu kota kabupaten Maluku Tengah, Kamis, untuk melanjutkan misi kemanusiaan dengan nama sandi operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya.

Operasi ini diprogramkan dalam kegiatan pelayaran internasional, Sail Banda
2010 yang digelar di Maluku, 24 Juli-17 Agustus.

Siaran pers dari Mayor Laut (E) Wahyu Broto selaku Petugas Dinas Penerangan (Dispen) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon menyatakan KRI Soeharso bertolak meninggalkan Dermaga Irian Desa Halong menuju Masohi untuk melanjutkan pengobatan gratis kepada masyarakat setempat.

“Semua pasien yang selama ini dirawat di kamar-kamar KRI Soeharso sudah
diijinkan pulang ke daerah asal masing-masing sebelum kapal itu meninggalkan dermaga,” kata Wahyu.

Sebelumnya, KRI Soeharso telah memberikan pengobatan masal di Namlea, ibu kota kabupaten Buru dan beberapa desa di Pulau Ambon, yakni Liang, Waai, Passo dan Hutumuri.

Di Kabupaten Buru, pelayanan kesehatan gratis berlangsung selama tiga hari,
yakni 11 – 13 Juli. Sedangkan di Desa Liang, Waai, Passo dan Hutumuri masing-masing berlangsung hanya dua hari yang dimulai 15 – 22 Juli.

Di beberapa titik sasaran SBJ tersebut, baru Desa Hutumuri yang mendapatpelayanan lengkap dari komponen-komponen program SBJ di Maluku. Komponen-komponen itu yakni pengobatan gratis, pembangunan fisik dan non fisik.

Pembangunan fisik meliputi perbaikan sarana umum, yakni renovasi atap plafon dan lantai keramik di SMA Negeri 8 dan SD Kristen 1 Hutumuri.

Sedangkan non fisik berupa penyuluhan kesehatan tentang bahaya narkoba dan HIV/ Aids yang dilaksanakan di SMA Negeri 8 Hutumuri dengan menghadirkan Letda Laut (K) Rofiq Muhamsah sebagai pemateri.

Wahyu Broto mengatakan, setelah melaksanakan bhakti sosial di Masohi, KRI
Soeharso akan bertolak menuju Pulau Banda untuk melanjutkan misi yang sama.

Sesuai jadwal, pelayanan kesehatan gratis KRI Soeharso kepada masyarakat
Banda akan berlangsung 26 – 28 Juli.

ANTARA Maluku

No comments:

Post a Comment

Post a Comment