Monday, July 19, 2010

Latma Teak Iron Pererat Tali Persahabatan TNI AU - USAF

MC-130P Combat Shadow. (Foto: USAF/ Sgt. Veronica Pierce)

19 Juli 2010, Bandung -- Latihan Bersama antara TNI Angkatan Udara (TNI AU) dan United States of Air Force (USAF) dengan sandi Teak Iron 2010 kembali digelar di Lanud Husein Sastranegara. Latihan yang akan dilaksanakan selama dua minggu ini dibuka dengan upacara resmi bertempat di Wisma Sompil, Lanud Husein S., pada hari Senin (19/7) pukul 09.00 WIB, diikuti perwakilan dari masing-masing Negara.

Dalam sambutannya Komandan Lanud Husein Sastranegara, Kolonel Penerbang Asep Adang Supriyadi, selaku Direktur Latihan (Dirlat) dalam latma ini menyampaikan bahwa latihan ini bertujuan untuk mempererat persahabatan dan memperkokoh hubungan baik antara TNI AU dan USAF, serta secara khusus meningkatkan kemampuan dan profesionalisme personel yang terlibat latihan ini baik taktik maupun teknik operasi udara.

Senada yang dikemukakan oleh Dirlat, Major Richard Gunn, Mission Commander USAF, menegaskan pula latihan yang digelar di Lanud Husein ini merupakan rangkaian latihan yang telah direncanakan sebelumnya, “Next year we have three exercises that will be held again”, said Major Richard Gunn.

Peserta yang terlibat dari TNI AU kurang lebih 150 orang berasal dari Skadron Udara 31, Skadron Udara 32, Makorpaskhasau, Batalyon 461 dan 464 Paskhasau, Lanud Husein, Lanud Sulaiman, Lanud Halim Perdanakusuma, serta observer dari Mabesau.

USAF sendiri diwakili oleh Special Operations Group 353 yang berpangkalan di Okinawa, Jepang, Special Tactics Squadron 320, serta didukung oleh dua pesawat Herkules MC-130.

Hari pertama latihan diisi dengan briefing dari masing-masing seksi yang terlibat seperti meteo, PLLU, base rescue, serta paskhas terkait dengan pelaksanaan penerbangan keesokan hari serta mission planning yang akan digelar setiap harinya.

Pentak Lanud Husein

No comments:

Post a Comment

Post a Comment