Friday, July 23, 2010

Amerika akan Lanjutkan Hubungan dengan Kopassus

Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, berjabat tangan dengan Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates sebelum rapat di Jakarta, Indonesia, Kamis 22 Juli 2010. (Foto: AP)

22 Juli 2010, Jakarta -- Amerika Serikat mengatakan akan melanjutkan hubungan militer dengan Kopassus, komando pasukan khusus Indonesia, yang putus lebih sepuluh tahun lalu disebabkan isu-isu hak azasi.

Keputusan itu diumumkan hari Kamis oleh seorang pejabat senior pertahanan Amerika pada saat Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates melakukan kunjungan resmi di Jakarta, Indonesia.

Amerika Serikat memutuskan hubungan dengan satuan militer khusus itu, Kopassus, tahun 1998 setelah Kopassus terlibat dalam pelanggaran HAM di Timor Timur, bekas jajahan Indonesia, dan di tempat-tempat lain.

Pemerintahan Obama sedang berusaha membangun hubungan diplomatik dan militer dengan Indonesia, sekutu penting Amerika di dunia Muslim.

Tetapi organisasi-organisasi hak azasi dan beberapa anggota Kongres Amerika telah menyuarakan keprihatinan bahwa beberapa pelanggar HAM masih berada dalam kalangan Kopassus.

Pejabat pertahanan Amerika itu mengatakan Washington akan melakukan “proses yang berhati-hati dan bertahap” dalam melanjutkan hubungan dengan satuan militer itu.

VOAnews

No comments:

Post a Comment

Post a Comment