Friday, July 23, 2010

Pengenalan Evakuasi Medik Udara

23 Juli 2010, Bandung -- Medical Services dari USAF sharing informasi tentang kesiapan personelnya ketika bertugas di operasi militer dalam keadaan darurat perang, dalam rangka Latihan Bersama Teak Iron antara TNI AU dan USAF, di Wisma Sompil Basuki, Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Kamis (22/7), yang telah disulap menjadi ruang kelas.

Sejumlah tigapuluh orang siswa Poltekkes TNI AU Ciumbuleuit dan personel dari Rumah Sakit dr. Salamun di bawah komando Letkol Kes Erlina, yang juga sebagai Pakor Wara Bandung, menyaksikan dengan seksama paparan yang disampaikan oleh TSGT Mellisa Worley, SSGT Cesar Chaves, dan SSGT Billings tentang alat-alat yang digunakan pada pertolongan pertama ketika menangani pasien di medan pertempuran.

Medical equipments yang kebanyakan berukuran kecil dan jenisnya sangat banyak tersebut dikemas rapih dalam kantong-kantong cukup besar yang mempuyai banyak saku di luar dan di dalam kantong. Sangat praktis, bila harus dibawa ke medan perang yang kondisinya selalu mobile, apalagi bila dibawa bepergian dengan pesawat.

Setelah pengenalan secara garis besar para siswa diberi kesempatan untuk praktek menggunakan alat-alat medis yang dibawa oleh USAF medical service. Terlebih dahulu siswa dibagi tiga kelompok untuk kemudian masing-masing kelompok diberikan masalah bagaimana menangani pasein yang, misalnya, terkena patah tulang di tangan dan kaki.

Pentak Lanud Husen

No comments:

Post a Comment

Post a Comment