Tuesday, July 20, 2010

Operasi SBJ Sudah Layani 5.123 Pasien

(Foto: Dispenarmatim)

20 Juli 2010, Ambon -- Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya (SBJ) di Maluku yang merupakan salah satu program Sail Banda 2010 telah melayani 5.123 pasien di Pulau Buru dan Ambon.

Data yang diterima Kepala Dinas Kesehatan Maluku, Fat Basalamah dari dr. Aril Zakaria selaku Wakil Kepala Operasi Surya Bhaskara Jaya menyebutkan, angka tersebut merupakan pasien yang terlayani sejak pelayanan kesehatan gratis KRI Soeharso di Namlea, Kabupaten Buru pada 11 – 13 Juli yang dilanjutkan ke Desa Liang, Waai dan Passo, Pulau Ambon hingga Senin kemarin.

“Di Buru jumlah pasien yang terlayani selama tiga hari sebanyak 2.007 orang. Belum termasuk 21 pasien yang ikut KRI Soeharso untuk menjalani operasi di Ambon sewaktu tiba di Pelabuhan Yos Sudarso pada 14 Juli. Sementara 50 pasien lainnya dari sini (Ambon, red) juga sempat tertangani hari itu,” kata Fat Basalamah kepada ANTARA di Ambon, Selasa.

Sementara jumlah pasien yang tertangani selama keberadaan KRI Soeharso di Pulau Ambon antara lain di Desa Liang pada 15 – 16 Juli sebanyak 1.048 pasien, Waai pada 17 – 18 Juli sebanyak 1.324 pasien, Passo yang digeser ke Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX yang berlokasi di Desa Halong pada 19 Juli sebanyak 428 pasien.

Sedangkan jumlah pasien yang terlayani hari ini di Rumah Sakit Lantamal IX Desa Halong belum dihitung, demikian pula yang di Kapal KRI Soeharso.

Pelayanan kesehatan SBJ di setiap desa sasaran di Pulau Ambon berlangsung di darat dan laut. Di darat pelayanan dipusatkan Rumah Sakit Lantamal IX Desa Halong, sedangkan di laut berlangsung di atas kapal KRI Soeharso.

Jenis pengobatan dan tindakan medis dalam program Sail Banda ini dilakukan terhadap semua jenis penyakit.

Tim dokter dalam Kapal KRI Soeharso berjumlah 19 orang, terdiri dari penyakit dalam, bedah orthopedy, bedah mulut, THT dan hiperbarik masing-masing satu orang, anastesi dua orang, ahli mata empat orang, umum dan gigi masing-masing dua orang.

Setelah melayani masyarakat dari Desa Passo, pelayanan keseharan KRI Soeharso di Pulau Ambon akan diteruskan kepada masyarakat di Desa Hutumuri pada 21 – 22 Juli.

Selanjutnya operasi SBJ akan berlanjut di Ibu kota Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) yakni Masohi pada 23 – 25 Juli dan Pulau Banda 26 – 28 Juli.

USNS Mercy

Sementara pada 26 Juli, Kapal Rumah Sakit terbesar Amerika Serikat (AS), USNS Mercy T-AH 19 tiba di Ambon dan akan melayani masyarakat di Desa Waihaong pada 27 – 29 Juli sebagai bagian program SBJ di Maluku.

Saat bersamaan, masyarakat di Desa Pelauw, Pulau Haruku, Malteng juga mendapatkan pelayanan yang sama dari tim dokter USNS mercy yang merupakan gabungan dari Angkatan Laut AS, Singapura dan Australia.

USNS Mercy juga akan melakukan pengobatan masal kepada masyarakat di Kabupaten Seram Bagian Barat yang dipusatkan di Ibu kota Piru pada 27 – 28 Juli dan dilanjutkan di Kecamatan Kairatu pada 29 – 30 Juli.

Sedangkan pengobatan masal di Kecamatan Leihitu yakni Desa Mamala dan Morela dan Kecamatan Sirimau dipusatkan di Desa Karang Panjang, Ambon akan dilakukan oleh USNS Mercy bersama KRI Soeharso pada 30 – 31 Juli.

Selanjutnya operasi terakahir Surya Bhaskara Jaya akan berlangsung di Desa Tulehu pada 1 – 2 Agustus.

ANTARA Maluku

No comments:

Post a Comment

Post a Comment