Saturday, June 5, 2010

Dankomar Lepas Satgasmar Pam Puter IX


04 Juni 2010, Bandar Lampung -- Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) M. Alfan Baharudin melepas keberangkatan prajurit Batalyon Infanteri–7 Marinir yang tergabung dalam Satuan Tugas Marinir pengamanan pulau terluar IX (Satgasmar Pam Puter IX) Dpp. Lettu Mar Teguh Rudianto dalam upacara resmi di Pelabuhan Pelindo Panjang Bandar Lampung pada hari Jumat tanggal 04 Juni 2010.

Satgas ini akan menempati pulau–pulau terluar di wilayah Indonesia bagian barat antara lain Pulau Rondo, Pulau Nipah dan Pulau Berhala. Sebelum berangkat ke daerah penugasan dilaksanakan latihan pra satgas selama 3 minggu di Pantai Caligi Batumenyan Padang Cermin serta pembekalan tentang perkembangan situasi dan kondisi daerah penugasan.

Indonesia adalah negara kepulauan yang berbatasan dengan negara– negara tetangga serta memiliki sumber kekayaan alam yang melimpah. Hal ini berpotensi terjadi permasalahan diantaranya bidang pertahanan, hukum, ekonomi dan masalah yang menonjol akhir–akhir ini antara lain : sengketa batas wilayah, pencurian hasil alam, penyelundupan serta perompakan, yang kesemuanya memerlukan pengamanan secara serius. Dari latar belakang itulah TNI, TNI AL khususnya Korps Marinir menggelar kekuatan untuk mengamankan pulau – pulau strategis terluar yang rawan konflik demi keutuhan NKRI.

Selama berada di tempat penugasan, Satgasmar Pam Puter IX adalah mata dan telinga Korps Marinir yang berada di garda depan wilayah NKRI maka dari itu ditekankan pada seluruh anggota Satgasmar agar mengumpulkan dan meyusun data–data terbaru tentang daerah penugasan, melaksanakan prosedur hubungan Komando dan prosedur Taktis lapangan dengan baik. Selain itu agar tetap menjaga profesionalisme dan disiplin dalam melaksnakan aktivitas sehari–hari.

Dalam amanatnya Komandan Korps Marinir menekankan kepada seluruh anggota Satgasmar agar : 1. Meningkatkan kadar keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME, 2. Penugasan merupakan kepercayaan, kehormatan dan kebanggan yang selalu didambakan oleh setiap prajurit korps Marinir, untuk itu laksanakan penugasan ini dengan hati yang mantap, ikhlas dan gembira, 3. Permasalahan keluarga jangan sampai membebani pikiran kalian dalam melaksanakan tugas , sampaikan selalu kabar gembira kepada keluarga yang ditinggalkan dirumah, 4. Tingkatkan kewaspadaan jangan sampai lengah sedikitpun dan ikuti semua prosedur yang berlaku di daerah penugasan, 5. Pelihara dan tingkatkan persatuan dan kesatuan yang solid antar anggota satgas sehingga tercipta kebersamaan dalam suasana kerja demi kebehasilan tugas.

Marinir

1 comment:

  1. Wah hebat abang gw dipercaya jadi dan satgasmar pam puter. Jadi kangen banget sm abang gw skarang. Thx yh yang punya Blog dah sdia mliput tugas abang gw Lettu(Mar) Inf. Teguh Rudiyanto.

    ReplyDelete