Tuesday, June 1, 2010

Pangarmatim Tutup “Latma Nea 2010”


01 Juni 2010, Surabaya -- Surabaya, 1 Juni 2010 Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Among Margono, SE menutup Latihan Bersama antara TNI Angkatan Laut dengan Angkatan Laut Amerika Serikat dari jajaran US Pacifik Command (USPACOM) yang diberi nama “LatmaNea 2010” (Naval Engagement Activity) di kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat USS Tortuga yang bersandar di Dermaga Jamrud Tanjung Perak Surabaya, Selasa (1/6).

Hadir dalam kesempatan tersebut Commander Task Force (CTF) 73 Real Admiral Nora W. Tyson, Konsulat Amerika Serikat di Surabaya dan para pejabat teras Koarmatim lainnya. “Latma Nea 2010” yang berlangsung mulai tanggal 26 Mei ini mengambil tempat latihan di Koarmatim, Kabupaten Lamongan dan Karang Tekok Situbondo Jawa Timur.

Kekuatan TNI AL yang terlibat dalam latihan bersama ini adalah Koarmatim, Lantamal V, Pasmar 1, Puspenerbal, Kobangdikal, Akademi Angkatan Laut (AAL) dan RSAL dengan melibatkan sekitar 965 personel. Selama ini “Latma NEA” antara ke dua Angkatan Laut telah terlaksana beberapa kali dan terbukti saling menguntungkan bagi ke dua belah pihak, baik dari segi teknis maupun taktis matra laut.

Kondisi tersebut diharapkan mampu berdampak positif di masa yang akan datang guna membina dan meningkatkan hubungan diplomatis antara Indonesia dengan Amerika Serikat pada umumnya dan antara TNI AL dengan Angkatan Laut Amerika Serikat khususnya.

Dalam Latihan bersama ini, Angkatan Laut Amerika Serikat datang ke Surabaya dengan empat kapal perang yaitu USNS Salvor, USS Tortuga, USS Vandegrift, dan USCG Mellon yang bersandar di Dermaga Jamrud Tanjung Perak. Sesuai jadwal yang direncanakan,

latihan bersama yang berlangsung selama 6 hari ini telah menggelar beberapa materi latihan meliputi: Demonstrasi penggunaan Centrix (Combined Enterrise Regional Information Exchange Sistem) di USS Tortuga, Simposium Kesehatan, Simposium Udara, Training Penyelaman, Simposium Perencanaan Operasi Amfibi, Latihan Kamla, serta Training Marinir di Karang Tekok, Situbondo, Banyuwangi.

Sedangkan kegiatan yang dilaksanakan bersama satu Kompi Zeni Korps Marinir TNI AL yaitu melaksanakan kegiatan ENCAP (Engeineering Civic Action Project) yang berlangsung mulai 28 April hingga 1 Juni 2010 berupa renovasi bangunan sekolah dan MCK SDN Weru di Desa Weru Lamongan. Untuk kegiatan MDCAP (Medical Civic Action Project) dilaksanakan 27 Mei 2010 berupa bhakti sosial memberikan pelayanan pengobatan umum, gigi, KB dan sunatan massal di Desa Weru dan Sidokumpul Kabupaten Lamongan.

Kegiatan lain yang cukup unik dan menarik pada “Latma NEA 2010” kali ini adalah digelarnya kolaborasi pentas musik antara Band TNI AL dan US Navy. Kolaborasi pentas musik tersebut digelar di tiga tempat, yaitu di Cito Mall Bunderan Tol Waru, di Super Mall Pakuwon PTC (Pakuwon Trade Centre) dan di SMU 5 Surabaya.

Dalam rangka latihan bersama ini, pihak Angkatan Laut Amerika Serikat juga melaksanakan Open Ships yang memberikan kesempatan kepada masyarakat Surabaya, khususnya para siswa SMU untuk mengunjungi kapal-kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat yang bersandar di Dermaga Jamrud Tanjung Perak Surabaya. Selain itu kegiatan lain yang diadakan adalah pertandingan olah raga persahabatan antara prajurit TNI AL dan US Navy meliputi sepak bola, bola basket dan bola voli.

Penarmatim

No comments:

Post a Comment

Post a Comment