Thursday, June 3, 2010

TNI AL Gelar Sail Banda 27 Juli


02 Juni 2010, Jakarta -- Event Sail Banda 2010 yang rencananya diselenggarakan 27 Juli sampai dengan 8 Agustus 2010, memiliki sejumlah agenda utama seperti upacara Hari Kemerdekaan RI, lomba mancing, international diving tournament, konferensi nasional pesisir dan pulau-pulau kecil, Lintas Nusantara Remaja Bahari, Yacht race, seminar nasional dan internasional, Kejurnas olah raga perairan dan Pramuka, pentas budaya dan atraksi wisata, seminar internasional ketahanan pangan bidang kelautan serta kegiatan Bakti Sosial.

Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal), Kolonel Laut (P) Herry Setianegara. Menurutnya dalam kegiatan tersebut TNI Angkatan Laut berperan aktif dalam kegiatan Bakti Sosial dalam rangka mewujudkan international civic mission dengan mengedepankan Operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya (SBJ). Tujuannya adalah meningkatkan hubungan persahabatan di dunia internasional/international friendshipness, perubahan mindset bernegara yang berorientasi ke laut. Sedangkan sasaran kegiatan SBJ yaitu untuk membentuk pemahaman masyarakat terhadap hukum, kedaulatan negara dan bela negara dan juga meningkatkan kesehatan sosial masyarakat.

Kegiatan yang akan berpusat di Ambon dan Maluku Utara ini meliputi Bakti Sosial kesehatan pengobatan umum, ISPA, diare, kulit, malaria klinis, pengobatan gigi dan mulut, operasi katarak, operasi bibir sumbing, pelayanan KB. Sedangkan Bakti Sosial lainnya meliputi pemberian bahan kontak, obat-obatan, buku-buku untuk masyarakat serta tali asih untuk petugas di wilayah terpencil. Selain itu juga akan dilaksanakan pembuatan dan perbaikan sarana umum seperti tempat ibadah, rumah sakit, MCK dan air bersih. Masyarakat di daerah sasaran operasi juga akan diberikan penyuluhan hukum, bela negara, dan kesehatan.

Sasaran operasi bakti SBJ di Pulau Ambon tersebar di daerah-daerah seperti Morela, Mamala, Liang, scouts field camp, Wai, Paso, Halong, Hutumuri dan Kota Ambon. Sedangkan di Pulau Buru kegiatan akan berpusat di Namrole.

TNI Angkatan Laut akan mengerahkan beberapa unsurnya diantaranya kapal rumah sakit KRI dr Suharso-990. Sedangkan beberapa negara yang akan ikut berperan aktif pada kegiatan ini yakni, Amerika Serikat dengan mengirimkan kapal rumah sakit terbesar USNS Mercy, Singapura mengirim satu kapal LST jenis LPD dan tim kesehatan, Australia dengan 2 kapal jenis landing craft heavy dan personel medis serta New Zealand dengan mengirim tim medis.

Selain kegiatan-kegiatan di atas, TNI Angkatan Laut juga berperan aktif untuk mendukung kegiatan Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari (LNRPB) yang terdiri dari beberapa komponen seperti siswa SLTA/SMK, mahasiswa, pramuka dan karang taruna.

Dispenal

No comments:

Post a Comment

Post a Comment