Monday, May 31, 2010

Lanud Suryadarma Diserang Gerakan Subang Merdeka


31 Mei 2010, Subang -- Tiba-tiba bermunculan se-gerombolan penyerang yang menyerang Lanud Suryadarma. Gerombolan Pemberontak Keamanan ini ingin menguasai obyek vital yang ada di Lanud Suryadarma. Adapaun obyek vital yang akan di duduki oleh Gerakan Subang Merdeka ( GSM ) adalah Skadron udara 7, Tempat penyimpanan Bahan Minyak dan Pelumasan, Kantor Base Ops sebagai kendali penerbangan, dan Hanggar C (27/5).

Mendapatkan informasi dari intelpam Lanud Sdm yang sudah disebar, secara mendadak Kepala Dinas Operasi Lanud Suryadarma membunyikan sirene sebagai tanda bahwa ada kontigensi. Kemudian Kadisops memerintahkan Kepala Seksi Pertahanan Pangkalan ( Kasi Hanlan ) untuk membentuk pasukan sebagai upaya mempertahankan pangkalan.

Pasukan yang dipersenjatai dengan senjata laras panjang jenis SS1 selanjutnya ditempatkan pada daerah – daerah tertentu yang akan diduduki oleh para GSM. Secepat itu para Danton tiap peleton langsung memerintahkan untuk menyerbu GPK yang akan merebut dari obyek vital. Dalam waktu tidak terlalu lama, pasukan Hanlan Lanud Suryadarma memberondong mereka dengan tembakan dari pasukan ke arah pemberontak GSM tersebut. Merasa kalah dan sebagaian tewas terbunuh maka sebagian lari terbirit dan kocar kacir untuk meneyelamatkan melarikan diri.

Namun demikian pasukan terus menyisir daerah perebutan dan mengejar para pemberontak sampai keadaan aman. Selanjutnya pasukan Hanlan Lanud Suryadarma melakukan konsolidasi dan evaluasi terhadap kejadian tersebut. Ternyata dari pihak Pasukan Hanlan tidak ada korban jiwa sedangkan daripihak GSM ditemukan korban sebanyak 23 orang dan tawanan ada 15 orang dengan hasil rampasan senjata sebanyak 38 pucuk.

Demikian skenario latihan Pertahanan Pangkalan yang digelar oleh Lanud Suryadarma sebagai upaya untuk meningkatkan kesiapsiagaannya. .Kepala Dinas Operasi Lanud Suryadarma Letkol Pnb M. Syafii selaku kalakgiat menyampaikan bahwa latihan ini digelar untuk mengembalikan dan menyegarkan ingatan setiap prajurit Lanud Suryadarma dalam menghadapi ancaman. Latihan ini sendiri melibatkan dari beberapa personel dari satuan antara lain Skadron udara 7, Lanud Suryadarma dan Kompi B Paskhas.

Pentak Lanud Suryadarma

No comments:

Post a Comment

Post a Comment