Friday, June 4, 2010

RI – Jepang Bahas Peningkatan Kerjasama Program Pertukaran Personel

Pasukan Bela Diri Jepang. (Foto: Xinhua)

03 Juni 2010, Jakarta -- Menhan RI Purnomo yusgiantoro, Selasa Siang (2/6) menerima kunjungan kehormatan Kepala Staf Gabungan Pasukan Bela Diri Jepang, Jenderal Ryoichi Oriki, di Kantor Kemhan, Jakarta. Adapun maksud dari kunjungan Jenderal Ryoichi Oriki ini adalah guna membahas peningkatan kerjasama pertahanan, khususnya program pertukaran personel perwira siswa kedua negara.

Pada kesempatan pertemuan tersebut Menhan RI. mengucapkan terimakasih dan penghargaannya atas hubungan kerjasama pertahanan yang selama ini sudah terjalin dengan baik antara pemerintah Jepang dan Pemerintah RI, lebih khususnya pada program pertukaran personel perwira siswa dalam hal pelatihan dan pendidikan yang diselenggarakan kedua negara.

Ditambahkan Menhan, didalam program pelatihan dan pendidikan personel, selama ini Pemerintah Indonesia telah menerima banyak personel dari Jepang untuk bergabung di lembaga pendidikan Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI.

Disamping itu Menhan saat itu juga menyampaikan bahwa Indonesia telah memiliki lembaga formal pendidikan personel pertahanan yang disebut Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN). Menhan mengharapkan adanya partisipasi dan kerjasama dari pemerintah Jepang untuk mendukung Unhan dalam bidang riset dan pengembangannya. “ Secara spesifiknya jika personel dari Jepang membuat tesis mengenai pertahanan di Indonesia, maka sebaliknya personel Indonesia bisa mendapatkan kesempatan membuat tesis di lembaga pendidikan Jepang,” Ungkap Menhan.

Disamping kerjasama program pertukaran personel, Menhan menyampaikan tawaran kepada pihak Jepang terkait peluang kerjasama dalam hal pembangunan dan pengembangan Peacekeeping Center yang dibangun oleh Pemerintah Indonesia. Dijelaskan Menhan, Peacekeeping Center ini dijadikan sebagai fasilitas untuk membangun dan menyiapkan personel Standby Forces yang berfungsi sebagai Peacekeeping Operation dalam misi perdamaian dan misi penyelamatan kemanusiaan kalau terjadi bencana alam.

Turut menghadiri pada pertemuan tersebut, sejumlah pejabat di lingkungan Kemhan dan Mabse TNI, antara lain Staf Ahli Menhan Bidang Keamanan, Mayjen TNI M. Nasrun, Staf Khusus Menhan Bidang Kerjasama Internasional, Sumadi D.M. Brotodiningrat, Kapuspen TNI, Mayjen TNI Aslizar Tanjung dan Karohumas Kemhan, Brigjen TNI. I Wayan Midhio.

Pangab Jepang Kunjungi Markas Kopassus


Panglima Angkatan Bersenjata Jepang, General Ryoichi Oriki, didampingi oleh Perwira Staf Angkatan Bersenjata Jepang serta Asintel Panglima TNI, Mayjen TNI Rasyid Qurnuen, mengadakan kunjungan persahabatan ke Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur.

Kunjungan Pangab Jepang dan rombongan diterima langsung oleh Danjen Kopassus, Mayjen TNI Lodewijk F. Paulus didampingi oleh para perwira stafnya, dengan suasana yang sangat hangat dan bersahabat.

Kunjungan persahabatan tersebut dilaksanakan sebagai sarana dalam meningkatkan hubungan yang harmonis antara Angkatan Bersenjata Jepang dengan Kopassus. Dan tentunya tidak terlupakan adalah sebagai media koordinasi untuk kelancaran pelaksanaan operasional tugas kedua belah di lapangan.

Rangkaian acara kunjungan ini dimulai dengan courtesy call di Ruang kerja Danjen Kopassus, dilanjutkan dengan tukar menukar cinderamata. Disamping itu, dijelaskan pula mengenai kegiatan operasional yang menjadi tugas pokok Kopassus. Acara dilanjutkan dengan pemutaran film Profil Kopassus dan foto bersama di Sasana Kusuma Bangsa Makopassus.

Dalam sambutannya, Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) Jepang, General Ryoichi Oriki mengungkapkan rasa terima kasih atas sambutan dan keramah tamahan dari tuan rumah serta mengharapkan agar kedua belah pihak dapat lebih meningkatkan lagi hubungan kerja sama dimasa depan.

DMC/Pen-kopassus/Dispenad

No comments:

Post a Comment

Post a Comment