Saturday, May 8, 2010

Yon Armed 18/Buritkang Latihan Simulasi Tempur Perkotaan


06 Mei 2010, Tanjung Redeb -- Gedung PT PLN Cabang Tanjung Redeb mendapat teror segerombolan kelompok orang bersenjata, Rabu (5/5) pagi. Mereka bahkan menguasai kantor perusahaan itu, menimbulkan kepanikan karyawan dan karyawati. Syukur gerombolan musuh itu berhasil dilumpuhkan. Personil Bataliyon Artileri Medan (Yon Armed) 18/105 Tarik Buritkang hanya membutuhkan kurang lebih 30 menit untuk menaklukkan mereka. Adegan ini tergambar dalam simulasi latihan tempur di medan perkotaan yang digelar jajaran Yon Armed 18/105 Tarik Buritkang, menggunakan beberapa lokasi sebagai tempat latihan yang dimulai dari gedung PLN Cabang Tanjung Redeb.

Kegiatan latihan ini cukup mengundang perhatian warga yang sedang membayar rekening listrik, namun tidak mengganggu aktivitas pelayanan di kantor tersebut. Danyon Armed 18/105 Tarik Buritkang Letkol Inf Rabimin didampingi Kapten Didit, selaku Komandan Pleton 1 Yon Armed 18/105 Tarik Buritkang mengungkapkan, latihan ini merupakan tindak lanjut pelatihan serupa yang dilaksanakan Mabes TNI beberapa waktu lalu.

Latihan ini, kata Joppye, dilaksanakan selama 10 hari. Selain teori, para prajurit juga langsung melakukan praktik simulasi penyerangan musuh di wilayah perkotaan. “Latihan kali ini beda. Jika sebelumnya kami melakukan latihan penyerahan di medan hutan, kali ini di perkotaan,” ungkapnya. Dikatakan, latihan tempur di medan perkotaan tingkat kesulitannya lebih tinggi dibanding tempur di hutan. Hal ini dikarenakan, selain berhadapan dengan musuh, prajurit yang melakukan tempur di perkotaan juga dituntut bisa melindungi masyarakat sipil.

“Kalau perang di perkotaan atau di daerah pemukiman, fokus kita tidak hanya ke musuh. Tapi bagaimana strategi juga untuk bisa melindungi warga sipil,” jelasnya. Sebelum latihan puncak penyerangan yang dilangsungkan, sebelumnya sudah dilakukan latihan perencanaan atau penyusunan strategi. Latihan ini akan melibatkan satu kompi atau sekira 300 personil. “Ini hanya latihan pra, sedangkan puncak latihannya dilakukan minggu depan atau, Kamis (20/5) mendatang,” katanya.

Kodam VI/Tanjungpura

No comments:

Post a Comment