Saturday, May 8, 2010

Penataran Taktik Tempur Korem 042/Gapu


05 Mei 2010, Palembang -- Komandan Korem 042/Gapu Kolonel Inf Yudhie Karsono.S.E.,M.M. Bertindak selaku Inspektur Upacara pada Pembukaan Penataran Taktik Tempur satuan jajaran Korem 042/Gapu, Senin, 3 Mei 2010, bertempat di Lapangan Batalyon Infantri 142/KJ, Jambi.

Dalam amanatnya Komandan Korem menyampaikan bahwa Penataran taktik tempur ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan prajurit TNI AD agar senantiasa siap operasional dalam menghadapi tugas-tugas ke depan yang semakin dinamis dan kompleks dalam menjaga integritas dan keutuhan wilayah NKRI. Hal ini sesuai dengan catur tunggal sasaran pembinaan yang digariskan pimpinan TNI khususnya dalam rangka mewujudkan kesiapan operasional satuan dan meningkatkan profesionalisme prajurit.

Trend perkembangan ancaman ke depan sudah tidak dapat lagi dihadapi dengan taktik dan teknik bertempur konvensional yang selama ini dipelajari dan dilatihkan yang merupakan bagian dari taktik dan teknik perang generasi kedua, dimana perimbangan kekuatan pasukan penyerang dan yang bertahan adalah 3 : 1 serta posisi-posisi pertempuran cenderung menghindari daerah pemukiman penduduk.

Namun trend saat ini dihadapkan pada perkembangan global, musuh yang dihadapi adalah kelompok-kelompok bersenjata dari dalam negeri yang kita kenal dengan insurjen, baik yang bersifat separatis maupun pemberontakan yang didukung oleh kekuatan-kekuatan dari luar negeri.

Insurjensi tersebut memanfaatkan pemukiman-pemukiman sebagai daerah maupun basis operasinya, sehingga diperlukan taktik dan teknik bertempur yang lebih spesifik untuk melumpuhkan kekuatan insurjensi tersebut. Mengingat pentingnya taktik dan teknik bertempur di daerah pemukiman tersebut, maka pimpinan TNI AD telah menginstruksikan kepada seluruh prajurit TNI AD untuk menguasai dan mahir dalam taktik dan teknik bertempur dalam operasi lawan insurjensi.

Penataran yang dilaksanakan selama 12 hari ini diikuti oleh seluruh Danramil, Pasiops Kodim dan perwakilan Pama Satbalak jajaran Korem 042/Gapu.

Selanjutnya Komandan Korem 042/Gapu berpesan untuk para pelaku penataran, laksanakan latihan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab sehingga akan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan guna mendukung profesionalisme prajurit. Ingat bahwa latihan merupakan kesejahteraan yang paling hakiki bagi seorang prajurit. Ikuti segala aturan yang digariskan oleh penyelenggara.

Terakhir kepada seluruh peserta latihan agar memperhatikan faktor keamanan pada setiap pelaksanaan kegiatan dan sekembalinya dari penataran ini harus menyebarkan pengetahuan yang didapat selama penataran kepada seluruh prajurit di satuan masing-masing.

Hadir dalam Upacara pembukaan ini, Kepala Staf Korem 042/Gapu, Dandim 0415/Batanghari, Danyonif 142/Kstaria Jaya, Para Dan/Kasatbalak Korem 042/Gapu.

Pendam II/Swj

No comments:

Post a Comment