Friday, May 7, 2010

Partisipasi Industri Pertahanan Dalam Negeri Diharapkan Meningkat Saat Indo Defence 2010


06 Mei 2010, Jakarta -- Kementerian Pertahanan (Kemhan) berencana kembali menyelenggarakan kegiatan pameran bersifat internasional yang merupakan agenda rutin dua tahunan yaitu Indo Defence Expo dan Forum. Kementerian Pertahanan berharap keikutsertaan industri pertahanan dalam negeri bisa meningkat dibanding dengan penyelenggaraan tahun - tahun sebelumnya.

Demikian dikatakan Direktur Jenderal Sarana Pertahanan (Dirjen Ranahan) Kemhan Laksda TNI Gunadi, M.D.A, saat memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi dan sosialisasi penyelenggaraan Indo Defence 2010 Expo & Forum, Kamis (6/5) di kantor Kemhan, Jakarta. Indo Defence 2010 berbeda dengan pelaksanaan dua kali sebelumnya, kali ini selain melibatkan peralatan darat juga peralatan laun dan udara. Dengan demikian Indo Defence 2010 dapat disebut Indo Defence, Indo Aerospace dan Indo Marine Expo 2010.

Lebih lanjut Dirjen Ranahan mengatakan, seperti penyelenggaraan kegiatan serupa di negara – negara maju bahwa pameran seperti ini lebih didominasi oleh industri dalam negerinya. Oleh karena itu, Kemhan berharap pada penyelenggaran Indo Defence 2010 Expo & Forum ada peningkatan partisipasi dari industri pertahanan dalam negeri baik BUMN maupun swasta.

Dirjen menjelaskan, rencananya pameran akan dilaksanakan pada tanggal 10 sampai dengan 13 November 2010 di Jakarta Internasional Expo, Kemayoran, Jakarta. Guna menyemarakan pameran tersebut, akan dimeriahkan dengan kegiatan atraksi fly pass dan free fall oleh sekitar 100 orang penerjun nasional, disamping kegiatan seminar di bidang teknologi pertahanan.

Dalam penyelengaraan pameran ini, Kemhan selaku tuan rumah bekerjasama dengan mitra kerja PT. Napindo Media Ashatama selaku event organizer. Selain itu untuk menyukseskan kegiatan pameran, Kemhan juga berharap dukungan dari instansi terkait lainnya sesuai bidang tugasnya.

Adapun target yang ingin dicapai dalam Indo Defence 2010 diharapkan akan diikuti peserta dari luar negeri yang berasal dari 38 negara dan dalam negeri sebanyak sebannyak 550 perusahaan, dengan target pengunjung sekitar 20.000 orang.

Rapat koordinasi yang diselenggarakan oleh Kemhan melalui Ditjen Ranahan tersebut diselenggarakan dalam rangka mematangkan koordinasi antara Kemhan, pihak event organizer dan instansi lain yang terkait, sehingga nantinya diharapkan kegiatan Indo Defence 2010 Expo & Forum dapat berjalan dengan baik, tertib dan lancar.

Hadir pada rapat tersebut antara lain sejumlah pejabat perwakilan dari instansi pemerintah, TNI dan Polri, BUMNIP dan Asosiasi serta industri swasta nasional terkait.

DMC

No comments:

Post a Comment