Friday, May 7, 2010

Menhan RI Lakukan Kunjungan Kehormatan ke Singapura

Menhan Purnomo Yusgiantoro menginspeksi barisan pasukan kehormatan di Kementrian Pertahanan Singapura. (Foto: Mindef)

07 Mei 2010, Singapura -- Menteri Pertahanan Republik Indonesia Purnomo Yusgiantoro melakukan rangkaian kunjungan kehormatan ke Singapura selama dua hari, Jumat dan Sabtu (6-7/5). Kunjungan Menhan kali ini dimaksudkan dalam rangka untuk mempererat dan meningkatkan hubungan kerjasama RI dengan Singapura khususnya kerjasama di bidang pertahanan.

Dalam kunjungannya ke Singapura, Menhan RI melaksanakan kunjungan kehormatan kepada Wakil Perdana Menteri Singapura Shanmugam Jayakumar, dilanjutkan kunjungan kehormatan kepada Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Presiden Singapura SR Nathan, Jum’at (7/5) di Istana Kepresidenan Singapura.

Turut mendampingi Menhan RI antara lain Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso, Dirjen Strategi Pertahanan Kemhan Mayjen TNI Syarifudin Tippe, S.Ip, M.Si, Staf Ahli Menhan Bidang Indtek Prof. Dr. Ir. Eddy Sumarno Siradj, M.Sc, Dirkersin Ditjen Stahan Kemhan Brigjen TNI (Mar) Ir. Syaiful Anwar, M.Bus, MA dan Athan RI di Singapura.

Sebelumnya pada hari Kamis (6/5) Menhan RI juga melakukan kunjungan dan peninjauan ke Singapore Technologies Kinetics (ST Kinetics). ST Kinetics adalah salah satu perusahaan terkemuka di Asia yang memproduksi kendaraan khusus untuk pertahanan. Selain itu Menhan RI juga melakukan kunjungan dan peninjauan ke Pangkalan Udara Paya Lebar.

Hubungan pertahanan antara RI dengan Singapura telah dirintis sejak lama melalui kunjungan para pejabat, pertukaran siswa, pendidikan dan latihan, operasi oleh ketiga angkatan, namun saat kedua negara belum memiliki MoU sebagai payung dalam bidang pertahanan.

Melalui kunjungan ini diharapkan kerjasama pertahanan yang terjalin selama ini antara kedua negara dapat terus ditingkatkan. Kerjasama di bidang pertahanan yang perlu ditingkatkan diantaranya bidang patroli maritim bersama keamanan di perbatasan kedua negara, patroli terkoordinasi khususnya di Selat Malaka, baik patroli laut maupun udara dan kerjasama di bidang pendidikan antara Angkatan Bersenjata dari kedua negara.

DMC

No comments:

Post a Comment